Breaking News

DPRD Soppeng Rapat Paripurna Penyerahan LKPJ 2023 dan Analisis Kinerja Pemerintah Daerah




Palapainfo.com, Soppeng -- DPRD Kabupaten Soppeng menggelar Rapat Paripurna di Ruang Rapat Paripurna dengan agenda utama penjelasan Bupati mengenai Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun 2023, Rabu, 17 April 2024.


Ketua DPRD Soppeng, H. Syahruddin M. Adam, S.Sos., M.M., memimpin rapat tersebut dihadiri Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, S.E., dan Anggota DPRD. 


Bupati Soppeng menyampaikan laporan mengenai Pertanggungjawaban Kinerja Pemerintah Daerah selama Tahun Anggaran 2023.


Dalam penyampaiannya, Bupati Bupati Soppeng ini mengucapkan terima kasih kepada DPRD atas kesempatan yang diberikan untuk menyampaikan LKPJ. Bupati menyampaikan komitmen pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sesuai dengan visi Kabupaten Soppeng "SOPPENG YANG LEBIH MELAYANI, MAJU DAN SEJAHTERA" periode 2021-2026.


LKPJ Tahun 2023 memuat capaian pelaksanaan program dan kegiatan, kebijakan strategis, tindak lanjut rekomendasi DPRD, serta hasil penugasan dari pemerintah pusat dan provinsi.


Dalam gambaran umum APBD Kabupaten Soppeng tahun 2023, pendapatan daerah mencapai 99,74% dari target yang ditetapkan, dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terealisasi sebesar 102,53% dan pendapatan transfer mencapai 99,28%. Sementara itu, belanja daerah terealisasi sebesar 97,07% dari target, dengan belanja operasional mencapai 97,19% dan belanja modal mencapai 96,31%.


Lanjut Bupati menyampaikan, kinerja pembangunan Kabupaten Soppeng dalam beberapa indikator makro menunjukkan peningkatan. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat menjadi 70,58 poin, pertumbuhan ekonomi mencapai 3,33%, dan PDRB perkapita meningkat menjadi Rp62.580.000 Juta. Namun, angka kemiskinan mengalami penurunan tipis menjadi 7,48%.


Disampaikan, di sektor pertanian, Kabupaten Soppeng mengalami penurunan produksi padi akibat fenomena El-Nino. Meskipun demikian, sektor peternakan dan perikanan mengalami peningkatan konsumsi protein hewani.


Menurut Bupati, Pemerintah Kabupaten Soppeng juga fokus pada pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik. Peningkatan layanan administrasi kependudukan dan pemadaman kebakaran telah dilakukan di delapan kecamatan.


Sebagai apresiasi, lanjut Bupati menyampaikan, atas kinerja pemerintah daerah, berbagai penghargaan telah diterima, termasuk Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI dan Kabupaten Layak Anak tingkat Madya.


Rapat Paripurna ini dihadiri para Anggota Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri dan Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, Sekda Soppeng, pejabat eselon II, para Sekretaris, para Kabag, serta para camat se-Kabupaten Soppeng.(*) 

Tidak ada komentar