Breaking News

Resmikan Sanitasi Pontren Yasrib Watansoppeng Dr. Muh. Aras Disambut Lantunan Lagu Kasidah


Palapainfo.com, Soppeng -- Anggota Komisi V DPR RI, Dr. H. Muh. Aras,S.Pd., M.M., meresmikan Pembangunan Sanitasi Pondok Pesantren (Pontren) Yasrib Watansoppeng, Senin, 8 Januari 2024.

Dalam kunjungannya ke Pontren ini, Ketua Kelompok Fraksi Banggar DPR RI ini bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Selatan Kementerian PUPR RI diwakili Kepala Seksi Pelaksana Balai tersebut, Suryanti Adnan, S.T., M.T.,

Wakil Pimpinan Pontren Yasrib Watansoppeng Ustadz Agus Salim dalam Kata Pengantarnya pada acara peresmian itu mengakui kalau pembangunan Sanitasi Pontren ini adalah bantuan dari Pemerintah melalui Kementerian PUPR RI. 

Anggota Komisi V DPR RI Dr. H. Muh. Aras yang meresmikan, lanjut Ustadz Agus Salim menjelaskan, karena pembangunan ini bisa ada di Pontren ini atas perjuangan wakil kita di DPR RI Dr. Muh. Aras dengan dana aspirasinya.

"Atas pembangunan ini maka mengurangi panjangnya antrian santri dalam penggunaan MCK di setiap waktu shalat. Diakui, kalau pembangunan semacam ini adalah sudah yang kedua kalinya, pertama pada tahun 2021 dan yang kedua ini pada tahu. 2023, juga dana aspirasi dari Dr. Muh. Aras," akunya.

Ustadz Agus Salim tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada Anggota DPR RI Dr. Muh. Aras atas perhatiannya kepada kemajuan pendidikan khususnya Pendidikan Islam.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Selatan Kementerian PUPR RI diwakili Kepala Seksi Pelaksana Balai tersebut, Suryanti Adnan, S.T., M.T., dalam sambutannya mengatakan, tujuan pembangunan sanitasi ini untuk meningkatkan kualitas pola hidup bersih, layak dan aman.

Diakui kalau di Pontren ini sudah di bangun 2 unit sanitasi Pontren, untuk Santri Putra dan  Santri Putri.

Suryanti berpesan, dengan dana pembangunan senilai kurang lebih Rp 2 Milyar ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya dipelihara dengan baik sehingga tujuan meningkatkan kualitas pola hidup bersih, layak dan aman dapat terwujud di potren ini.

Anggota MPR/DPR RI Fraksi PPP, Dr. Muh. Aras, dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kasih kepada masyarakat termasuk masyarakat Soppeng yang telah mempercayakan kepada dirinya untuk menjadi wakilnya di DPR RI melalui Pemilu 2019.
Karena dipilih masyarakat maka programpembangunan berbasis masyarakat menjadi program prioritasnya.  

Diakui dengan lahirnya UU Lembaga Pendidikan Keagamaan,  maka sudah terdapat jalur untuk membantu pesantren dalam membangun sarana prasarana pondok pesantren.

Hingga kini, sudah 125 Pondok Pesantren yang telah pihaknya bantu melalui dana aspirasinya dengan pembangunan sarana sanitasi pesantren di Daerah Pemilihannya  di Sulsel 2.

Dikatakan, kalau di Soppeng ini sejak dirinya dilantik jadi Anggota DPR RI sudah kurang lebih 4 ribu rumah yang telah dibedah. Sementara di Dapil Sulsel 2;ini sudah 9 ribuan unit rumah yang telah dibedah.

Dijelaskan, sesuai regulasi, fungsi DPR adalah legislasi, anggaran dan  pengawasan. Dengan fungsi ini, sebagai wakil rakyat harus merumuskan dan memperjuangkan kebutuhan pembangunan bagi kepentingan kesejahteraan masyarakat. Selanjutnya, pemerintahlah yang mengeksekusi. Tentu fungsi DPR lainnya melakukan pengawasan.

"Lolosnya anggaran APBN 2023 senilai ratusan milyar rupiah dalam merehabilitasi pembangunan jalan Poros Makassar-Bone pada titik Alle Kappang, Tompo Ladang memerlukan perjuangan bagaimana meyakinkan pihak pemerintah melalui Kementerian PUPR RI, kalau jalan tersebut memang sangat dibutuhkan pembangunan perbaikannya," jelas Dr. Muh. Aras. 

Dikatakan, beberapa proyek pembangunan jalan di daerah dibiayai APBN karena pada tahun 2023 lalu telah lahir UU Inpres Jalan Daerah, sehingga jalan yang sudah rusak parah yang tidak mampu pemerintah daerah membiayai maka Pemerintah Pusat sudah bisa mengerjakan dengan usulan pemerintah daerah sendiri. 

Makanya beberapa proyek jalan daerah di Soppeng kini tengah dikerjakan bahkan ada beberapa yang sudah selesai dikerjakan pemerintah pusat dengan anggaran dari APBN.

Dalam kunjungan Dr. Muh. Aras, Alumni S3 Ilmu Administrasi Publik Universitas Negeri Makassar 2019 ini, didampingi Tenaga Ahli DPR RI, Hamka Anas, Abdurrohman dan Staf Ahli Masykur Thahir serta Koordinator Tim Pemenangan Dr. Muh. Aras di Soppeng, Musmuliadi dkk.

Peresmian ini dihadiri juga sejumlah pengasuh Pontren Yasrib Watanaoppeng dan santri-santrinya.


Tidak ada komentar