Breaking News

Refleksi Usai PAS Ganjil, MGMP dan KKMI Enrekang Bersilaturrahmi



Laporan : Amiruddin Nur


PALAPA INFO, ENREKANG -- Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kabupaten Enrekang silaturahmi sekaligus refleksi kegiatan usai mengggelar MGMP dan Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil, Ahad (10/12/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Cafe Lebock Kecamatan Anggeraja kabupaten Enrekang, merupakan rangkaian kegiatan panjang, terlaksana berdasarkan Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen Proyek Realizing Educations Promise for Madrasah Education Quality Reform Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2764 Tahun 2023 Tentang Penetapan Penerima Bantuan Kelompok Kerja Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Tahap 1 Tahun 2023.



Sehubungan dengan keputusan tersebut maka, MGMP VII Bahasa Indonesia tingkat MTs Kabupaten Enrekang mengikuti kegiatan tersebut, pada tanggal 16-10-2023 sampai 16-11-2023 dengan lokasi pelaksanaan yang berbeda-beda sesuai kesepakatan panitia dan peserta MGMP VII Bahasa Indonesia.

"MGMP VII Bahasa Indonesia tingkat MTs Kabupaten Enrekang dilaksanakan pada tanggal 16-10-2023 sampai 16-11-2023 dengan lokasi pelaksanaan yang berbeda-beda sesuai kesepakatan panitia dan peserta MGMP VII Bahasa Indonesia, kemudian rangkaian kegiatan tersebut kita tutup dengan acara silaturahmi sekaligus refleksi kegiatan setelah melalui kegiatan MGMP dan PAS ganjil." ujar Hj. Hasdiati, S.Pd., M.Si. selaku ketua panitia pelaksana. 



"Adapun peserta yang hadir berjumlah 22 orang dari beberapa MTs di Kabupaten Enrekang dengan satu pemateri Fasilitator Daerah Kabupaten Enrekang," tambahnya.

Sementara itu, Fasilitator Daerah selaku pemateri, Nurmiati, S.Pd., M.Pd., menyampaikan, MGMP dianggap sebagai forum yang efektif untuk menyampaikan gagasan, inspirasi dalam rumpun mata pelajaran bagi para guru. MGMP diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru dalam disiplin ilmu mereka dan sepatutnya rutin dilakukan.



"Pelaksanaan kegiatan ini dibagi dua item, yakni IN dan ON.  Adapun kegiatan IN ada lima pertemuan dengan membahas modul ajar dan refleksi, ini sesuai sesuai dengan proposal penyusunan MGMP VII Bahasa Indonesia yaitu UP 1 Teks Eksplanasi dan UP 7 Teks Cerpen. Selanjutnya pada kegiatan ON dilaksanakan dua kali pertemuan yang merupakan praktik UP 1 dan UP 7 yang dilaksanakan oleh peserta MGMP." tutup Nurmiati, S.Pd., M.Pd.

Tidak ada komentar