Breaking News

Siswa MAN 1 Soppeng, Farid Hidayat Salman, Utusan Sulsel di Grand Final Duta Siswa Indonesia 2023



PALAPA INFO, SOPPENG -- Salah seorang siswa MAN 1 Soppeng kembali mengharumkan nama madrasah setelah menjadi salah seorang perwakilan dari Provinsi Sulawesi Selatan dalam kegiatan Grand Final Duta Siswa Indonesia 2023, dihelat di Hotel Emerald Garden Kota Medan Provinsi Sumatra Utara, mulai tanggal 27 sampai dengan 30 Januari 2023.


Kepala MAN 1 Soppeng, Musmuliadi mengucapkan syukur atas capaian yang ditorehkan salah seorang siswa MAN 1 Soppeng, Farid Hidayat Salman dan menjadi kebanggaan keluarga besar Kementerian Agama khususnya Kementerian Agama Kabupaten Soppeng.


Kepala Madrasah Musmuliadi, S.Ag., M.A ini tak lupa menyampaikan rasa syukurnya.


"Insya Allah ini juga menjadi kebaikan bagi Soppeng dan Sulawesi Selatan di Ajang Bergengsi Tingkat Nasional ini, karena ananda Farid Hidayat Salman bisa lolos sampai babak grand final dan ini juga atas nama wakil dari Sulawesi Selatan bersama beberapa siswa lainnya hingga masuk babak grand final dari seluruh finalis se-Indonesia dan terpilih sebagai Duta Bahasa,” kata Musmuliadi, kemarin, Ahad, 29 Pabruari 2023.


Pada ajang bergengsi tingkat nasional yang diinisiasi Yayasan Lingkar Inspirasi Bangsa ini, Musmuliadi mengapresiasi seraya berharap prestasi yang ditunjukkan Farid Hidayat Salman bisa menginspirasi siswa-siswi lainnya khususnya di MAN 1 Soppeng sekaligus bisa menunjukkan bahwa anak madrasah juga bisa.


Selain bisa membawa harum nama Soppeng dan Sulawesi Selatan di kancah nasional, Kepala MAN 1 Soppeng ini juga mengharapkan agar bisa menjadi inspirasi bagi siswa-siswi lainnya di Soppeng dan Sulawesi Selatan, terutama bagi yang menempuh pendidikan di madrasah,” harapnya.




Prestasi tersebut menurut Musmuliadi juga menjadi bukti bahwa madrasah dan sekolah umum itu setara dari segi kesempatan dalam berprestasi. 


“Siswa yang bersekolah di madrasah negeri maupun di sekolah negeri sama-sama memiliki kesempatan untuk menorehkan prestasi di semua level, baik daerah, regional maupun nasional bahkan internasional,” ujarnya.


Sementara itu Farid Hidayat Salman mengaku tidak menyangka akan bakal sampai lolos ke babak grand final dan menjadi salah seorang finalis Pemilihan Duta Siswa Indonesia 2023. 


“Saya tidak pernah menyangka jika akhirnya bisa sampai di babak yang paling menentukan. Malahan awalnya sempat insecure (perasaan tidak percaya diri atau tidak ada kepastian dalam diri sendiri) nanti setelah ada konfirmasi dari panitia baru merasa lega dan berkat dorongan dan dukungan dari semua pihak akhirnya memantapkan tekad agar bisa membawa harum Sulawesi Selatan di kancah nasional,” ungkap Farid.


Masih kata Kepala Madrasah Musmuliadi, rasa bersyukur kepada Ananda Farid bisa mengemban amanah dalam mengikuti event nasional ini.


"Alhamdulillah ananda Farid Hidayat Salman telah selesai menunaikan tugasnya sebagai Duta Siswa Indonesia. Nah, Insya Allah ke depannya bisa mengemban amanah baru dari ajang Pemilihan Duta Siswa Indonesia 2023 ini,” ucap Kepala MAN 1 Soppeng, Musmuliadi ini 


Musmuliadi menjelaskan bahwa ajang Pemilihan Duta Siswa Indonesia merupakan wadah bagi seluruh siswa-siswi di Indonesia untuk mampu meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional. 




Diharapkan, Program-progam yang dirancang dan dilaksanakan Yayasan Lingkar Inspirasi Bangsa bersama seluruh duta siswa dapat memberikan semangat dan dampak positif pada lingkungan belajar informal siswa.


“Program-program tersebut lebih difokuskan pada hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan, penelitian dan pengabdian sehingga nantinya selain dapat meningkatkan kemampuan akademis dan non akademis siswa, juga dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap masyarakat sekitar,” urai Musmuliadi.


Pengembangan bakat dan kreatifitas juga, lanjut Musmuliadi, akan menjadi hal yang diperhatikan dalam membangun siswa-siswi yang kreatif, tekun dan memiliki semangat belajar tinggi.


“Saya berharap dari ajang ini, dengan terlaksananya Duta Siswa Indonesia dapat menjadikan salah satu sumber terciptanya generasi-generasi terbaik untuk Indonesia,” pungkasnya.


Farid Hidayat Salman sebelumnya telah melewati sejumlah tahapan penting untuk mengikuti Pemilihan Duta Siswa Indonesia 2023. 


Mulai dari masa pendaftaran pada 10 September – 10 Oktober 2022; Tes pengetahuan umum pada 15 Oktober 2022; Masa karantina online 1 s.d. 4 Desember 2022; Pengumuman Grand Finalis Duta Siswa Indonesia 2 Januari 2023. 


Puncak acaranya Pemilihan Duta Siswa Indonesia pada 27 s/d 30 Januari 2023. (Kharisma Nur/Husnul Khatimah) 



Tidak ada komentar