Breaking News

Pentingnya Pendidikan dalam Kehidupan



Oleh : Sri Afrah Wandri
NPM: 2210011311066
Kelas: AK 1 B


Pendidikan memang terdengar sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Setiap orang pasti sudah tahu dan mengerti tentang apa itu pendidikan. Banyak orang tahu bahwa pendidikan hanya di  lingkup sekolah, padahal pendidikan itu cakupannya sangat luas dan bukan hanya tentang sekolah. Pendidikan terbagi menjadi dua macam, yaitu pendidikan formal dan pendidikan non formal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang secara resmi didirikan untuk diikuti oleh setiap orang dan memiliki tingkatan yang sudah terstruktur. Beberapa contoh yang termasuk dalam pendidikan formal yaitu: SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMA (Sekolah Menengah Atas) dan ada juga yang namanya perguruan tinggi negeri atau yang biasa di kenal dengan sebutan perkuliahan. Di Negara Indonesia, setiap orang wajib melaksanakan pendidikan dengan waktu minimal 12 tahun pendidikan. 

Pada tingkatan sekolah dasar, para murid akan belajar mengenai banyak hal baru. Mereka semua akan diajarkan yang namanya pembelajaran dasar seperti menulis, membaca dan berhitung. Setiap murid akan diajarkan bagaimana cara mengeja dengan baik yang benar, karena untuk tahapan membaca harus diberikan pembekalan bagaimana cara mengeja agar bisa lebih mudah dalam membaca. Bisa membaca merupakan salah satu hal penting bagi kehidupan sehari-hari, karena jika orang-orang tidak bisa membaca bagaimana mereka akan tahu dan mengerti terhadap sesuatu di lingkungannya. Sebagai contoh, ketika ingin membeli susu pasti akan ada banyak pilihan merek yang tertera. Jika tidak ada pengetahuan terhadap membaca, maka akan sulit untuk memilih merek susu yang akan dibeli. Begitu juga dengan menulis. Setiap orang pasti dituntut agar bisa menulis. Karena dalam kegiatan sehari-hari juga butuh yang namanya menulis. Dalam pembuatan nama juga pasti akan menulis, membuat laporan juga akan menulis dan kegiatan apa pun pasti ada yang namanya menulis. Membaca dan menulis merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan, karena keduanya merupakan hal mendasar yang memang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Para murid juga diajarkan hal-hal dasar dalam berhitung seperti pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Jika tidak diajarkan, bagaimana cara agar orang bisa berbelanja? Tidak mungkin ketika membeli suatu produk atau barang hanya dengan memberi uang tanpa tahu berapa nominal yang akan dibayar. Pasti ada yang namanya kembalian dan itu membutuhkan perhitungan agar dapat memberi kembalian yang pas dalam berbelanja. Selama kurang lebih 6 tahun para murid akan menghabiskan waktunya di sekolah dasar agar bisa lulus dan melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya. Dasar-dasar inilah yang akan membawa para murid untuk bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat menengah hingga ke tingkat atas.

Pendidikan di tingkat menengah hingga tingkat atas sudah mulai mengajarkan bagaimana cara untuk berpikiran kritis. Di tahap ini para anak sudah bisa mengembangkan pola pikirnya dan bisa bersosialisasi dengan baik terhadap lingkungan sekolahnya. Para murid akan diajak untuk menyelesaikan suatu persoalan dan menjawabnya dengan baik selama di sekolah. Bukan hanya itu, para murid juga akan di suruh untuk menyampaikan pendapatnya ketika ada sesi tanya jawab. Hal ini dapat memengaruhi pola pikir anak yang lebih baik dan memberikan rasa percaya diri yang besar ketika sedang berbicara dalam menyampaikan pendapat. Tanggung jawab juga salah satu pelajaran yang dapat di ambil ketika bersekolah. Maksud dari tanggung jawab di sini adalah bagaimana cara murid menyelesaikan tugas sekolahnya dan bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas tersebut. Ketika sedang ujian para murid juga dilatih untuk berperilaku jujur untuk tidak menyontek dengan sesama teman. Masing-masing dari pendidikan di tingkat menengah dan tingkat atas memiliki kurun waktu masing-masing selama tiga tahun lamanya dan setelah lulus dari pendidikan tingkat atas masih ada lagi namanya perguruan tinggi atau perkuliahan.

Perkuliahan memang tidak wajib diikuti oleh setiap orang, tetapi tidak ada masalah jika ingin menambah ilmu pengetahuan lebih mendalam lagi tentang hal-hal tertentu. Seperti halnya jika seseorang mempunyai cita-cita ingin menjadi seorang dokter, tentu ia harus melanjutkan pendidikannya sebagai seorang sarjana dan lulus sebagai sarjana kedokteran. Karena tidak mungkin jika seseorang ingin menjadi dokter tidak memiliki ilmu pengetahuan yang mendalam tentang kesehatan. Bagaimana mungkin bisa orang tersebut akan merawat pasien jika tidak memiliki ilmu yang cukup. Dalam perkuliahan juga tidak hanya melulu tentang belajar di kelas, tetapi juga ada yang namanya kegiatan organisasi, lomba dan masih banyak hal lain sebagainya. Jadi tidak ada salahnya jika setelah lulus sekolah tingkat akhir ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan karena akan semakin banyak ilmu yang didapatkan dari hal tersebut 

Pendidikan non formal juga tidak kalah penting bagi kehidupan sehari-hari. Pendidikan non formal yaitu pendidikan yang dilakukan setiap orang di luar pendidikan formal. Banyak pembelajaran serta hal yang dapat diperoleh dari pendidikan non formal tersebut. Pendidikan non formal dapat ditemukan dalam lingkungan sekitar seperti di lingkungan masyarakat, di tempat-tempat pengajian, keluarga dan lain sebagainya. Jika dilihat dari lingkungan masyarakat, setiap orang pasti akan bertemu dengan orang-orang baru dan akan saling bersosialisasi. Dalam hal ini juga setiap orang akan belajar bagaimana caranya menghargai serta menerima pendapat dan kritikan dari orang lain. Ini termasuk pendidikan cara bersikap. Begitu pula pendidikan yang  terdapat di lingkup keluarga. Setiap orang pasti sudah diberi pendidikan oleh keluarganya dari masih berusia dini. Bersikap santun, sopan, berbudi pekerti, menghormati orang tua juga merupakan sebuah pendidikan dan itu adalah suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan semua orang. Orang tua selalu memberikan pengajaran kepada anak-anaknya untuk selalu bersikap dan berperilaku baik kepada sesama makhluk di muka bumi. Pentingnya berperilaku baik karena manusia adalah makhluk sosial dan pasti akan saling membutuhkan pertolongan. 

Belajar menari, belajar memasak, berkreativitas, belajar membuat suatu produk merupakan contoh pendidikan non formal yang sering dijumpai di lingkungan masyarakat. Hal tersebut dapat membantu setiap orang dalam mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Jika dalam kehidupan tidak ditemukan satu orang pun yang bisa memasak, bagaimana orang-orang akan makan dan bertahan hidup. Itu juga merupakan salah satu contoh pendidikan non formal yang berpengaruh dalam kehidupan sehari hari. Bahkan jika keahlian memasak dapat dikembangkan, itu akan menjadi salah satu bakat yang ada dalam diri seseorang. Beberapa orang bisa sukses hanya dengan memasak dan memilih profesi sebagai seorang chef. 

Pendidikan memang sangat penting dan dibutuhkan oleh setiap orang. Tidak sulit untuk mendapatkan pendidikan di zaman sekarang ini karena sudah banyak teknologi yang berkembang dan bisa membantu setiap orang memperoleh pendidikan. Dari penjelasan yang sudah tertera. Oleh sebab itu, tidak ada alasan bagi setiap orang untuk tidak melaksanakan pendidikan karena pendidikan akan berguna dalam kehidupan sehari-hari dan juga di masa depan nantinya. Pendidikan dan kebutuhan profesional yang baik tentu menawarkan prospek pekerjaan yang baik. Sebagian besar bisnis di era ini membutuhkan tenaga kerja terdidik dengan standarisasi minimal SLTA atau SLTA atau sekolah teknik lainnya dengan kualifikasi sederajat. Oleh karena itu, dengan pendidikan, peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang baik akan sangat meningkat.

Salah satu alasan mengapa dunia pendidikan begitu penting adalah bahwa pendidikan dapat membuka jalan untuk pekerjaan yang baik. Oleh karena itu, perkembangan kehidupan manusia secara alami dipengaruhi oleh pendidikan. Dalam konteks ini, pendidikan dipengaruhi oleh apa yang dilakukan orang untuk melayani. Dalam dunia pendidikan, terjadi proses yang mengubah dan membimbing cara berpikir kepribadian manusia ke arah yang lebih baik, atau bisa kita sebut dengan pendidikan karakter. Dalam dunia pendidikan itu sendiri, pendidikan karakter memegang peranan yang sangat krusial dalam membentuk karakter peserta didik, sehingga tentunya memiliki karakter yang kuat dan baik, sehingga nantinya peserta didik tersebut dapat beradaptasi dengan apa yang terjadi di dunianya. Seperti bagaimana berbicara dengan baik dan benar kepada orang lain, dan bagaimana mengidentifikasi sikap ketika terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan.

Pendidikan dapat membuka wawasan manusia sehingga kita dapat menilai sesuatu dan menempatkan diri pada posisi yang sebelumnya tidak terpikirkan. Oleh sebab itu, salah satu alasan mengapa dunia pendidikan begitu penting adalah agar dunia pendidikan dapat meningkatkan model kepribadian seseorang lebih baik dari sebelumnya sehingga dunia pendidikan dapat diintegrasikan ke dalam model manusia. Kepribadian akan terbentuk dengan cara yang lebih baik.

Tidak ada komentar