Breaking News

MAN 1 Soppeng Wakili Dapil Sulsel 2 pada Parlemen Remaja Nasional 2021




Palapainfo.com, Soppeng -- MAN 1 Soppeng kembali menunjukkan taringnya di kancah nasional sebagai satu-satunya madrasah dari perwakilan Sulawesi Selatan pada event Parlemen Remaja Tahun 2021.  

Parlemen remaja ini diadakan setiap tahun, diselenggarakan Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). 

Parlemen Remaja merupakan kegiatan pembelajaran politik kepada generasi muda, khususnya pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sederajat.

Para peserta yang terpilih akan mengikuti rangkaian kegiatan Parlemen Remaja 2021 pada tanggal 13-17 September 2021 secara virtual dan mendapatkan materi secara langsung dari Anggota DPR RI, Pejabat Sekretariat Jenderal DPR RI maupun mitra kerja DPR RI dan pakar-pakar yang mumpuni di bidangnya.

Parlemen remaja tersebut diikuti 131 Sekolah/Madrasah baik Negeri maupun Swasta untuk jenjang SMA/Sederajat seluruh Indonesia yang berasal dari 80 daerah pemilihan di Indonesia dari total 5.458 pejuang Parlemen Remaja 2021.
 
Hasil seleksi tersebut, MAN 1 Sopppeng berhasil mengantarkan seorang siswanya ke even bergengsi ini. Siswa itu adalah Riskan Khairi. Bersama 5 orang dari sekolah yang berbeda, yakni; Ade Isaura Tiara (SMAN 9 Jeneponto), Dapil 2; Rahmat Malikul Mulki (SMAN 1 Bantaeng), Andi Muthia Amalia Makkuaseng (SMAN 1 Sinjai), dan Dapil 3; Nadifah Amaliyah (SMAN 11 Pinrang), Hanum Salsabilah (SMAN 1 Pinrang).

Kegiatan  Parlemen Remaja 2021 ini memiliki tujuan bersama untuk berkontribusi dan memberikan dampak yang nyata melalui diskusi dan pertukaran gagasan yang dilandasi semangat untuk Indonesia lebih baik.” kata Ketua Panitia Parlemen Remaja 2021, Minarni. 

Menurut Azhar Hidayah, Guru Pendamping pada Parlemen Remaja ini  mengatakan, Parlemen Remaja tingkat nasional kali ini dilaksanakan melalui aplikasi zoom karena masih suasana Pandemi Covid-19 dengan mengambil tema “Remaja di Era Kebebasan Informasi: Siaran Berkualitas, Masyarakat Cerdas” yang akan membahas UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. 

Lebih jauh Azhar menjelaskan, bahwa Parlemen Remaja merupakan kegiatan pembelajaran politik kepada generasi muda, khususnya pelajar tingkat menengah atas (SMA dan sederajat). 

Adapun Tujuan dari Lomba parlemen remaja ini, terang Azhar, adalah memasyarakatkan fungsi dan peranan DPR RI kepada remaja sebagai generasi penerus bangsa. Tujuan lainnya adalah memberikan pemahaman kepada siswa tentang proses pembuatan kebijakan publik di parlemen, serta meningkatkan pemahaman tentang proses demokrasi di Indonesia melalui pelaksanaan simulasi parlemen. 

Masih kata Azhar, di Provinsi Sulawesi Selatan sendiri ada 3 (tiga) daerah pemilihan dan dari ke-3 dapil tersebut setiap dapil hanya akan dipilih 2 peserta terbaik dengan format penilaian yaitu esai 40%, video kampanye 35% dan CV 25%.

Sementara itu, Ketua DPRD Soppeng, H. Syahruddin M. Adam, S.Sos., M.M., ditemui di ruang kerjanya mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan merasa bangga atas prestasi anak kita.

“Kita bersyukur karena anak-anak kita bisa menunjukkan prestasinya yang luar biasa di tingkat nasional dan tidak hanya membawakan nama lembaganya tapi sudah membawakan nama daerah, Kabupaten Soppeng,” bangga Syahruddin. 

Kepala MAN 1 Soppeng, Musmuliadi, S.Ag., M.A., tampak terharu saat ditemui di sekolahnya baru-baru ini. Ia mengakan kalau Ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Madrasah Aliyah Negeri 1 Soppeng, khususnya Kementerian Agama Kabupaten Soppeng, pasalnya, seorang siswa dari madrasah berhasil lolos bahkan mewakili Kabupaten Soppeng dalam seleksi Dewan Parlemen Remaja 2021 Tingkat Nasional yang diadakan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI). 

Dikatakan, Riskan Khairi adalah siswa kelas XI MIA 1 yang juga sebagai Ketua KIR MAN 1 Soppeng. Deretan prestasi yang pernah diraih sejak tahun 2020 antara lain : 

1). Juara I LKTI Peraih Unhas Tingkat SulSelBar Tahun 2020.

2). Juara II LKTI Nasional Univ. Darul Ulum Jombang Jawa Timur Tahun 2020.

3). Juara Harapan I Esay Competition Insitut Tekhnologi Sumatera 2021.

4). Juara II Business Plan Competition Nurul Fikri Boarding school Lembang Tahun 2021.

5). Juara 1 MANSDA Research Competition  Bidang ISH Tahun 2021 dan 

6). Juara I LKTI Nasional Univ. Haluoleo Kendari Tahun 2021

Kepala MAN 1 Soppeng ini berharap, "semoga perwakilan Sulawesi Selatan khususnya siswa MAN 1 Soppeng mampu mengharumkan nama baik keluarga, lembaga lebih-lebih daerah tercinta, Daerah Kabupaten Soppeng, khususnya Kementerian Agama Kabupaten Soppeng." (usa) 

Sumber : Humas Manesa

Tidak ada komentar