Breaking News

Dr. Aras Berharap Basarnas Pulihkan Trauma dan Kesehatan Korban KM Bukit Sumber Poleang yang Terbakar


Palalainfo.com, Kendari -- Sebuah Kapal Motor (KM) Bukit Sumber Poleang terbakar di perairan Dusun Tanjung, Desa Mapila, Kecamatan Kabaena Utara, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (16/8/2021).


Penyebab kebakatan itu diduga api berasal ruang mesin kapal. 


Saksi seorang koki, Rustam, melihat api di belakang dan langsung membesar. Dugaannya api berasal dari kamar mesin. 


Total penumpang dan ABK berjumlah 34 orang. Semuanya dalam kondisi selamat dan telah dievakuasi ke Desa Mapila, Kabupaten Bombana.


Data manifes kapal berjumlah  22 orang dan para ABK tujuh orang. Namun, ada tujuh penumpang yang tidak masuk dalam manifes. Saat ini kondisi mereka dalam keadaan sehat dan menunggu dijemput pihak keluarga masing-masing.


Polisi memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Kerugian juga masih didata. Nakhoda memastikan seluruh barang muatan KM Bukit Sumber Poleang habis terbakar. Syahbandar Pelabuhan Kasipute Rumbia masih berkoordinasi dengan Syahbandar Pulau Kabaena terkait kebakaran kapal. 


Polisi dan pihak Syahbandar kembali ke Pelabuhan Sikeli dengan membawa ABK untuk diminta keterangan. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak Polsek Kabaena.


Adapun daftar manifes penumpang KM Bukit Sumber Poleang, yakni:


1. Aris 34 tahun (laki-laki)


2. Elsa 22 tahun (perempuan)


3. Akmal 30 tahun (L)


4. Zidan 1 tahun L (Balita)


5. Sunarti 53 tahun L


6. Darna 48 tahun L


7. Fatimah 63 tahun P


8. Ahti 28 tahun P


9. Sapril 36 tahun L


10. Masrisaid 37 tahun L


11. Asrad Saputra 38 tahun L


12. Jumain 21 tahun L


13. Saidin 19 tahun L


14. Irwandi 27 tahun L


15. Mayustrika 18 tahun P


16. Restu 23 tahun P


17. Akmar 20 tahun L


18. Andi Haerul Akbar 21 tahun L


19. Asri 40 tahun L


20. Ahmad 60 tahun L


21. Aris 42 tahun L


22. Adil 28 tahun L



Daftar Penumpang di Luar Manifes, yakni:


1. Anugrah 23 tahun L


2. Didi 18 tahun L


3. Rafli 18 tahun L


4. Hendra 24 tahun L


5. Diman Suherman 21 tahun L


6. Mustaing 21 tahun L


7. Usaid 2 tahun L (Balita)



Daftar ABK:


1. Firman 60 tahun L (Kapten) 


2. Andi Sofyan 21 tahun (Bas)


3. Udin 29 tahun L (ABK)


4. Iksan 20 tahun L (ABK)


5. Rustam 50 tahun L (Koki)


Mendengar kabar  terbakarnya KM tersebut dan semua penumpang serta ABK selamat, Ini kata Anggota Komisi V DPR RI, Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., M.M., kepada redaksi media ini via ponselnya, Senin, 16 Agustus 2021.


"Bersyukur, peristiwa itu tidak menelan korban. Seluruh penumpang dan ABK dapat diselamatkan berkat kesigapan petugas di dalam kapal. Akan tetapi, pastinya hal tersebut memberikan dampak trauma bagi mereka, khususnya para penumpang. Saya sangat berharap tim Basarnas agar dapat membantu memulihkan kembali trauma dan dilakukan pengecekan kesehatan sebelum mereka dipulangkan kembali." harap  Dr. Aras dalam telewicara, selaku Anggota Komisi V DPR RI Fraksi PPP yang salah satu mitra kerjanya adalah Basarnas.


"Yang paling penting setelah semua penumpang dan ABK dievakuasi, diharapkan agar investigasi yang dilakukan oleh pihak kepolisian bisa segera dilaksanakan. Agar hasil yang didapatkan bisa menjadi bahan evaluasi bagi setiap pelaku pelayaran, baik yang sifatnya komersil maupun non-komersil." tutup Dr. Aras. (anwar jerry) 





Tidak ada komentar