Breaking News

Letakkan Batu Pertama Pembangunan KOTAKU di Siengkang, Dr. Aras Minta Masyarakat Pelihara Baik





Palapainfo.com, Wajo -- Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PPP, Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., M.M., meletakkan batu pertama  Pembangunan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), terletak di Tokampu Kelurahan Siengkang Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu, 17 Juli 2021.

Sebelumnya, acara ini diawali dengan Sosialisasi Massal Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Tahun Anggaran 2021.

Selain Bupati Wajo, Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si., dan Anggota Komisi V DPR RI, Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., M.M., acara tersebut juga dihadiri Tim Leader OPS 9 Program KOTAKU Wilayah Sulsel, Sulbar dan Sulteng, Kalla Matta, Sekda Wajo, para Kepala OPD Kab. Wajo, OPM serta para stackholder lainnya. 

Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kab. Wajo, Andi Aso Ashari. S.T., M.Si., melaporkan, kalau 2021 ini melalui POKJA PKP sesuai Permen PUPR RI Nomor 12 Tahun 2020 Tentang Peran Masyarakat dalam Penyelenggaraan dan Kawasan Pemukiman, pihaknya telah membentuk PKP Kab. Wajo. 

Dilaporkan juga jika tahun 2021 ini Kab. Wajo mendapatkan dana BPM Program KOTAKU di 3 kelurahan, Laelo, Siengkang  dan Wiringpalennae. 

Dikatakan, Program KOTAKU di Kelurahan Siengkang ini adalah Aspirasi dari Anggota Komisi V DPR RI Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., M.M.
Program ini melibatkan masyarakat sebagai tenaga kerja sebanyak 60 orang dilaksanakan 2 KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat). 

Dijelaskan, jenis pekerjaaan dilaksanakan yakni, drainase 750,8 Meter, Taman Anak 1 unit, Pintu Gerbang 1 unit dan Kontainer Sampah 1 unit dengan total anggaran Rp 1 Milyar dan Swadaya Masyarakat Rp 38 juta. 

Mengakhiri laporannya, Kadis Andi Aso Ashari. S.T., M.Si., berharap, semoga kegiatan KOTAKU ini merupakan ruang kita bersama baik pemerintah Kab. Wajo maupun pihak KOTAKU untuk mewujudkan pembangunan kabupaten menjadi lebih baik dan mewujudkan masyarakat yang sejahtera. 

Tim Leader OPS 9 Program KOTAKU Wilayah Sulsel, Sulbar dan Sulteng, Kalla Matta, meminta kepada pelaksana pembangunan agar melaksanakan pekerjaannya dengan taat azas, transparansi dan akuntable.

Bupati Wajo, Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si., menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih kepada Dr. Aras selaku legislator pusat yang telah menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat Wajo dengan mengucurkan anggaran yang tidak sedikit di daerah ini selaku legislator pusat. 

Anggota Komisi V DPR RI Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., M.M., dalam sambutannya, merespon laporan Bupati Wajo jika longsor jalan Nasional Poros Sengkang-Bone, tepatnya di Cempa Pammana, legislator pusat ini mengatakan jika dirinya telah beberapa kali melakukan pertemuan dengan pihak berkompeten di Kementerian PUPR RI dalam membahas jalan longsor tersebut. 

"Saya intens berupaya hingga jalan itu kembali menjadi jalan yang layak sesuai kemampuan saya sebagai wakil rakyat," tandas Dr. Aras.

Di masa pandemi covid 19 ini, kata Dr. Aras, anggaran yang besar memang sulit dikucurkan menjadi APBN tetapi bisa dikucurkan dengan anggaran yang kecil-kecil seperti Program KOTAKU ini yang menelan Anggran 1 M /unit.

Jika senang dengan bantuan pemerintah seperti ini, Dr. Aras meminta kepada masyarakat setempat agar tidak lupa memilih dirinya pada Pimilu depan. 

Dalam acara ini tampaknya diwarnai dengan lomba berpantun. Berawal ketika Tim Leader OPS 9 Program KOTAKU Wilayah Sulsel, Sulbar dan Sulteng, Kalla Matta, menyampaikan pantun yang intinya, berterima kasih kepada Dr. Aras atas perjuangannya di parlemen hingga bisa dikucurkan dana melalui dana aspirasinya selaku legislator pusat. Kini masyarakat menikmatinya. 

Di akhir pantunnya, ia mengajak masyarakat agar Dr. Aras dipilih kembali. Meski tak menyebut nama tetapi dalam lirik pantunnya, jika suka pilih lagi. 

Rupanya, pantun berpantun di acara itu, Bupati Wajo Dr. Amran pun tak ketinggalan mengeluarkan pantunnya yang dinilai cukup tepat dan indah di dengar. 

Selanjutnya, Dr. Aras menuju ke tempat pembangunan KOTAKU untuk meletakkan batu pertama. 

Kehadiran Anggota Komisi V DPR RI Dr. Aras ini didampingi Ny. H. Saleha Aras, dan Tenaga Ahli Anggota DPR RI Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., M.M., dari Fraksi PPP, Hamka Anas serta bersama beberapa orang dalam rombongannya. (alimuddin) 

Tidak ada komentar