Breaking News

Bersama Jajaran Forkopimda Pemkab Soppeng Upacara Harlah Pancasila Via Virtual




Palapainfo.com, Soppeng -- Wakil Bupati Soppeng, Ir. H.Lutfi Halide, M.P mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 yang digelar secara virtual di ruang pola kantor bupati Soppeng, Selasa (01/06/2021).

Upacara tersebut dilaksanakan di Gedung Pancasila, Jakarta. Bertindak selaku Komandan Upacara, Kolonel Inf. Muhammad Imam Gogor, dengan 
Perwira upacara, Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P.

Presiden RI, Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor dalam upacara itu bertindak selaku Perwira Upacara. 

Berikut Amanat Presiden RI, Joko Widodo pada upacara tersebut.

"Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini sendiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai dan rivalitas antar ideologi.

Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ideologi revolusi industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog, berinteraksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara, interaksi antar dunia juga akan semakin mudah dan cepat kemudian ini bisa digunakan oleh ideolog-ideolog transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok tanpa mengenal lokasi dan waktu. Kecepatan ekspansi ideologi transnasional radikal bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan disrupsi teknologi ini.

Dalam menghadapi semua ini, perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara biasa, diperlukan cara-cara baru yang luar biasa dalam memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0. dan sekaligus Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesiaan. Saya mengajak kepada seluruh aparat pemerintahan, toko agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan," demikian sebagian amanat Presiden RI pada upacara ini. 

Sementara jajaran Pemkab Soppeng juga mengikuti upacara tersebut secara virtual yang berlangsung di kantor masing-masing.

Turut hadir, Ketua DPRD Kab. Soppeng, para Anggota Forkopimda Kab. Soppeng, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, Sekda, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Setda, Kapala Badan Kesbangpol Kab. Soppeng. (diskominfo/usa) 

     

Tidak ada komentar