Breaking News

Pemkab Soppeng Gelar Tahapan Musrenbang RKPD 2025 Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik Berkualitas



Palapainfo.com, Soppeng -- Bappelitbangda Kab. Soppeng melaksanakan acara Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Soppeng Tahun 2025 dengan tema “Pemantapan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik serta pemeliharaan kualitas lingkungan hidup”, yang dilangsungkan di Aula Kantor Gabungan Dinas Kab. Soppeng. Selasa, 19 Maret 2024.


Kepala Bappelitbangda Kab. Soppeng, Andi Agus Nongki, S. IP, M. Si dalam laporannya mengatakan, "Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Soppeng Tahun 2025 merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan.


"Tujuan pelaksanaan untuk mengetahui arah kebijakan dan program prioritas di tingkat provinsi dengan lokus di Kabupaten Soppeng, menyerap usulan program kegiatan dari Desa/Kelurahan se-Kabupaten Soppeng yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah Kab. Soppeng, dan usulan program/kegiatan yang menjadi kewenangan Provinsi Sulawesi Selatan, yang memerlukan dukungan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Serta sebagai tahapan dalam penyempurnaan Rancangan RKPD Tahun 2025.


Peserta, para Kepala SKPD Kabupaten Soppeng, Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD, Camat, Desa/Lurah, Para Pimpinan Perguruan Tinggi, Tokoh Masyarakat, Ketua Organisasi, Kemasyarakatan /Keagamaan, Organisasi Kepemudaan, Asosiasi Profesi/Usaha dan Lembaga Swadaya Masyarakat, Ketua Forum Anak Kabupaten dan Kecamatan se Kab. Soppeng.


Mewakili Pj Gubernur Sulsel, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. dr. H. Muh. Ishak Iskandar, M. Kes dalam sambutannya mengatakan bahwa, "Pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2025 sangatlah penting dalam menjalankan sistem pemerintahan daerah.


"Momentum ini dapat dimanfaatkan untuk menyamakan persepsi menyangkut urusan pemerintahan dan juga pembangunan secara luas. Sehingga semua program-program pembangunan selalu searah dan selaras dengan pembangunan tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

"Musrenbang yang kita laksanakan pada hari ini merupakan forum dialog yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan sekaligus tahapan dalam penyusunan RKPD Tahun 2025 yang berorientasi pada proses, menggunakan pendekatan teknokratik, partisipatif, politis, dan atas-bawah dan bawah-atas. Dengan pendekatan tersebut diharapkan tercipta kerjasama yang kuat antara perangkat daerah dan seluruh kepentingan pembangunan dalam rangka bersinergi dan berbagi peran dalam menjalankan program atau kegiatan pemerintahan.


"Diharapkan kepada seluruh daerah di Sulawesi Selatan memanfaatkan potensi yang ada dengan sebaik-baiknya yang mengedepankan pembangunan dengan produktivitas yang tinggi namun tetap kondusif dan berkualitas. Sehingga dapat membawa Sulawesi Selatan bertransformasi menjadi lebih baik dan berkelanjutan di masa-masa yang akan datang.


"Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan terus berupaya melakukan pembangunan dan kegiatan dalam berbagai urusan pemerintahan untuk mendorong perbaikan dan pencapaian pembangunan daerah. (usa)

Tidak ada komentar