Breaking News

Bhayangkari Ranting Pammana Bina Usaha Produksi Kasur




Laporan : Sabri


PALAPA INFO, WAJO -- Salah satu program kerja Bhayangkari Ranting Pammana Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan, memberikan pembinaan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).


Salah satu jenis usaha yang termasuk dalam UMKM yakni, Usaha Produksi Kasur. Sebanyak 3 kelompok usaha ini menjadi binaan Bhayangkari Ranting Pammana. Usaha ini bertempat di Lingkungan Sarasa Kelurahan Pammana Kecamatan Pammana.


Selain kemudahan kelompok dalam mendapatkan permodalan, bentuk pembinaan yang diberikan juga dari segi pemasaran.


Tidak hanya itu, keberadaan ibu-ibu rumah tangga selaku tenaga kerja, juga membantu suami dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga hingga suami tak tergoda mencari Rezki yang tidak diridhai Allah Subehanahu Wata'ala.


Hal itu dikatakan, Ketua Pengurus Ranting Bhayangkari Pammana, Ny. Nasirah Patidanus, di tempat usaha itu di Lingkungan Sarasa Kelurahan Pammana, Jum'at, 8 September 2023.


Menurutnya, rata-rata kelompok usaha ini mempekerjakan 5 tenaga kerja. Setiap pekerja memproduksi 2 kasur sehari.


Aminah, pekerja di salah satu usaha produksi kasur itu, saat sedang membuat kasur menjelaskan, kalau teknik pembuatannya diawali dengan mengurai biji-bijian kapuk dengan kapuknya sendiri. 


Biji-bijiannya ini dijual dengan harga Rp 12 ribu per Kilogramnya 


Lanjut Aminah menjelaskan, setelah mempersiapkan alat-alatnya seperti pipa plastik ukuran sesuai dengan besarnya kasur, lalu memasukkan kapuk di kain kasur  yang tersedia melalui pipa sambil menusuk-nusuk dengan kayu atau bambu kecil yang sudah dipersiapkan. Begitulah dilakukan hingga selesai pembuatan kasur. 


"Alhamdulillah, saya bersyukur, berkat binaan ibu-ibu Bhayangkari Pammana. Usaha produksi kasur ini tak hanya dibantu memudahkan mendapatkan modal, material bahan mentah, tetapi lebih dari pada itu, pemasaran pun di lokal Wajo, kami dibantu ke beberapa pedagang dan pemakai, bahkan hingga ke luar propinsi. 


Pemasaran hasil produksi pun berjalan lancar. Terima kasih kepada Ibu Nasirah Patidanus selaku Ketua Bhayangkari Pammana bersama jajarannya," ucap Aminah berterima kasih.


Dari Lingkungan Sarasa Kelurahan Pammana Kecamatan Pammana Kabupaten. Wajo, Jum'at, 8 September 2023 Reporter Palapa Info Kabupaten Wajo, Sabri, memberitakan.


Tidak ada komentar