Breaking News

Antisipasi Elnino, Bupati Soppeng Gelar Pertemuan


PALAPA INFO, SOPPENG -- Pertemuan dalam rangka mengantisipasi Cuaca ekstrem (Elnino) di wilayah Kabupaten Soppeng digelar pada Kamis, 24 Agustus 2023 di Hark Cafe & Eatery Malaka

Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, S.E., dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka menindaklanjuti arahan Gubernur Sulsel, terkait dampak cuaca ekstrim (Elnino) di mana sudah ada beberapa daerah yang mengalami dampak tersebut termasuk Kabupaten Soppeng, olehnya itu pihaknya meminta mempersiapkan diri mengantisipasi hal tersebut yang secara langsung berdampak kepada masyarakat dan untuk itu diperlukan sinergitas bersama dengan semua pihak termasuk jajaran Forkopimda serta membentuk posko yang diberi nama Posko Siaga Bencana  Yassisoppengi. 

Dikatakan, adapun dampak yang bisa diakibatkan cuaca ekstrem ini adalah pada sektor ekonomi  (pertanian) khususnya   ketersediaan air yang mungkin mengakibatkan gagal panen, harga bahan pokok (Bahan Pangan) naik, ketersediaan air bersih dan ancaman gangguan Kamtibmas.

Bupati berharap agar hal ini menjadi perhatian utama.

"Jadi saya berharap ini menjadi perhatian utama kita," harap Bupati.

"Hasil panen jangan dilepas semua dalam artian jangan dijual semua, agar stok pangan di rumah tangga selalu ada," harapnya lagi.

Masih harap Bupati, begitupun di tingkat desa/kelurahan dan kecamatan agar senantiasa memantau wilayah masing-masing serta berkoordinasi dengan unsur keamanan (Babinsa dan Babinkamtibmas) dan mempergunakan seluruh potensi yang ada di desa/kelurahan, serta penggunaan Dana Desa dapat menjadi upaya dalam  mengantisipasi bencana ektrem tersebut . 


Pada pertemuan itu, Ketua DPRD Kab. Soppeng H. Syahruddin M. Adam, S.Sos., M.M., mengatakan, Elnino berdampak pada pendapatan daerah, di lain sisi ada program yang telah disusun oleh SKPD. Dan untuk itu Dalam menyusun anggaran terkait antisipasi pencegahan dampak cuaca ekstrim harus dikuatkan melalui regulasi atau aturan.

Kapolres Soppeng, AKBP Dr(C) H. Muhammad Yusuf Usman SH., SIK., M.T., dalam pengarahannya mengatakan, mengantisipasi dampak cuaca extrem (Elnino) yang perlu diantisipasi, kebakaran hutan,  dan melalui posko bersama harus dilakukan mitigasi bencana dan melakukan upaya menyiapkan  ketersediaan air dalam penanganannya serta agar melibatkan pencinta alam..
 
Selain itu untuk mengantisipasi gangguan kamtibnas agar Poskamling lebih ditingkatkan serta melakukan patroli bersama di wilayah potensi daerah yang rawan. 

Dandim 1423/Soppeng, Letkol Inf Sigit Suhendro Hadi Kusmawan, S.T., M. Tr (Han) dalam pengarahannya mengajak semua pihak terjun ke lapangan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dampak cuaca extrem Elnino ini. 

Sementara Kajari Soppeng, diwakili,  Kepala Sub Penyidikan, Yusufi Fitrohansyah, S.H., mengatakan, dampak cuaca extrem elnino harus ada peran aktif kita semua untuk mengantisipasi masalah di masyarakat. Pihaknya juga menyatakan kesiapan mendukung program pemerintah dalam mengantisipasi dampak bencana El Nino.

Selain Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, dan unsur Forkopimda, pertemuan itu, juga dihadiri Pimpinan SKPD terkait dan camat se-Kab. Soppeng. (husnul)

Tidak ada komentar