Breaking News

Kades Firdaus Dianugrahi Paralegal Justice Award dari Kemenkum HAM RI

 



PALAPA INFO, SOPPENG -- Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia (Menkum HAM RI), Prof. Dr. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D., menganugerahkan Paralegal Justice Award 2023 kepada Kades Timusu, Firdaus, atas keberhasilannya mengawal Timusu sebagai desa paralegal Justice dan dan dinilai berhasil dalam setiap penyelesaian sengketa antar warga atau dianggap sukses sebagai “Hakim Perdamaian” di desa.

Penganugerahan ini dilakukan dalam suatu acara Malam Puncak Penganugerahan Paralegal Justice Award, Kamis, 1 Juni 2023, bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, di Hotel Discovery, Ancol Jakarta.Utara.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kemenkum HAM RI melalui Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN).

Kepala BPHN Kemenkum HAM RI, Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H., M.Hum., selaku Ketua Penyelenggara, dalam laporannya menyampaikan, bahwa 765 desa dan kelurahan se-Indonesia yang mendaftar, namun yang lolos masuk Audisi Paralegal Justice Award Academy 2023, hanya 296 desa dan kelurahan tersebar di 30 provinsi dengan seleksi yang cukup ketat.

Beberapa Pejabat Negara, hadir pada malam puncak tersebut. Bahkan dari Lembaga Tinggi Negara seperti, Ketua Mahkamah Agung RI ,Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. bersama beberapa Hakim Agung lainnya, Menkum HAM RI Prof. Yasonna H. LLaoly, Pejabat dari Kementrian Desa, Pejabat dari Kementrian Dalam Negeri, Pejabat dari Bappenas, Pejabat dari Kepolisian RI yang mewakili Kapolri dan Pejabat Kejaksaan Agung RI yang mewakili Kejagung serta seluruh Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM seluruh Indonesia.

Dalam acara tersebut sekaligus diumumkan 3 finalis namun sayang dari 8 Kepala Desa dan Lurah Perwakilan Sulawesi Selatan tak ada yang masuk finalis , Juara satu Perwakilan dari Jawa Timur, Juara dua Perwakilan Provinsi Bali dan Ketiga Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah.

Meski tak satu pun perwakilan dari Sulsel tak masuk final, tapi Kades Timusu Firdaus tetap merasa bangga.

“Kami tetap merasa bangga, karena telah dinugrahkan Paralegal Justice Award 2023 berdasarkan SK Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH.02. HN. 04.03 Tahun 2023 tentang Pemberian Anugrah Paralegal Justice Award, dan lebih membanggakan kami telah diundang resmi mengikuti acara Kenegaraan Hari Lahir Pancasila 1 Juni kemarin bersama Presiden RI Joko Widodo di Lapangan Monas Jakarta, dan sudah masuk nominasi itu sudah luar biasa, dengan menyisihkan Ribuan Desa dan kelurahan di seluruh Indonesia,” kata Firdaus dengan penuh bangga ditemui beberapa saat sekembalinya dari Jakarta.

Sebagai Peserta Nominator Paralegal Justice Award Academy 2023 mereka juga mendapatkan piala, piagam, PIN, Medali dan Kopiah serta jubah untuk dipakai bila melakukan mediasi atau bertindak sebagai hakim perdamaian di desa.

Kades Timusu ini berharap, mudah-mudahan dengan lahirnya para mediasi mediasi yang handal di Indonesia dapat mengurangi beban perkara yang masuk di pengadilan, dan berupaya sedapat mungkin bisa diselesaikan di desa bersama Para Mediasi atau Hakim Perdamaian di desa yang disebut Paralegal Justice. (nul)

Tidak ada komentar