Breaking News

Seminggu Ketua PWI Soppeng di Kaltim, Selamat Tinggal Samarinda



Laporan : Alimuddin (Ketua PWI Soppeng)


Sejak Rabu, 31 Agustus-7 September 2022, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Soppeng, Alimuddin, bersama Ketua Seksi (Kasi) Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Muh. Darwis dengan Surat Tugas dari organisasi wartawan tersebut No. : 0080/STG/PWI-Sop/VIII/2022 tertanggal Watansoppeng, 25  Agustus 2022.


Kedua wartawan ini ditugaskan menjajaki, kalau PWI Soppeng akan menggelar Konferensi Kerja Kabupaten (Konkerkab) PWI Soppeng  di Kaltim, tepatnya di Samarinda Seberang pada 22-26 September  2022.


Sekadar diketahui, Ketua PWI Soppeng Alimuddin juga penulis laporan ini, semasa mudanya, pernah mengajar Bahasa Inggris dalam status Guru Tidak Tetap (GTT) di SMA Nurul Jadid, SMP Negeri 1, SMP Manunggal, MTs Nurul Jadid, MTs Raudhatul Mujtahidin, kelimanya berada di Muara Badak sekitar 1980-1990an. SMP Ma'arif Samarinda juga pada tahun 1990an.


Selain mem-follow-up surat tugas itu, momentum ini penulis juga memanfaatkan kesempatan bersilaturrahmi dengan alumni sejumlah sekolah tersebut dan beberapa teman-teman guru selama penulis mengajar di sekolah-sekolah tersebut.


Dua kepala sekolah ditemui masing-masing kediamannya, Saharuddin, S.Pd., M.Pd., Kepala SMPN 1 Muara Badak dan Drs. H. A. Basri, M.Pd., Kepala SMAN 1 Muara Badak. Keduanya teman guru di SMA Nurul Jadid Muara Badak ketika penulis mengajar di sekolah itu.


Beberapa juga mantan murid yang sempat bertemu, baik di rumah mereka maupun di kafe. Mereka adalah, Zulfikar (Fika Abbas), Hasipah, Arbainah dan Bahrony, Dewi Suswati alumni SMPN 1 Muara Badak. Lina Suwandi, Kustaniah dan Hj. Murni Malik,  alumni MTs Nurul Jadid, Susminingsih alumni SMP Manunggal.


Ada juga tidak sempat bertemu tetapi masih sempat menyapa meski hanya via WhatsApp. Mereka adalah dr. Fadli, Ernawati Yasin (ASN di Balai Kota Samarinda), Hasbiaty, Vivi Ropidah, Haisah di Berau alumni SMPN 1 Muara Badak


Ada juga Syahriah alumni SMP Manunggal, Hamsina di Balikpapan alumni SMA Nurul Jadid, Junaid, Mariana di Kutim, Mukarramah dalam perjalanan dari Sangata Kutim ke Muara Badak Kukar, Hendra di Kalteng, Nurhaidah Amir di Berau, Muspira di Badak dan Dr. Darmawati (Dosen IPB Bogor) alumni MTs Nurul Jadid.


Silaturrahmi ini mengurai nostalgia 1980-1090an mereka  berkisah ketika masih berwajah culun, kerap memunculkan tawa mengingat masa lalu, mewarnai pertemuan di antara mereka.


Meski tidak sempat bertemu, tetapi masih bisa berkomunikasi dengan salahsatu teman sealumni penulis di SMAN 156 Watampone, Jamaluddin Jamal di Balikpapan, ketika itu ia sedang berada di Jakarta.


Terima kasih semuanya atas silaturrahminya, baik face to face maupun via WhatsApp. Kini penulis sudah di atas KM Pantokrator dari Pelabuhan Samarinda Kaltim menuju Pelabuhan Parepare Sulsel melintasi Laut Sulawesi, Rabu, 7 September 2022.


Pada 22-26 Oktober 2022, penulis bersama 27 wartawan lainnya akan menggelar Konkerkab PWI Soppeng di Samarinda Seberang. Selamat tinggal anak-anakku semua, sahabat-sahabat saya yang kini telah menjadi kepala sekolah. Selamat tinggal kota Samarinda. 


Tidak ada komentar