Breaking News

Keluhkan Populasi "Bale Tokke" Nelayan Danau Tempe Minta Bupati Soppeng Turun Tangan

"Bale Tokke"


Laporan : Kharisma Nur

Editor : Alimuddin 


PALAPA INFO, SOPPENG -- Beberapa tahun belakangan ini, nelayan Danau Tempe di Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng mengalami penurunan penghasilan dari harga penjualan ikan hasil tangkapan mereka di danau itu.

Pasalnya, sejak keberadaan ikan Sapu-sapu (Hypostamus plecostomus) atau di kalangan Bugis dikenal dengan "Bale Tokke," di Danau Tempe menyebabkan berkurangnya beberapa populasi jenis ikan lainnya.

Karena Bale Tokke ini amat buas memangsa jenis ikan lainnya yang selama ini menjadi sumber mata pencaharian sebagian besar warga Marioriawa khususnya yang bertempat tinggal di bibir danau. 

Seperti Kelurahan Limpomajang, Kaca, Batu-batu, Attangsalo, Manorangdalo, Desa Panincong dan Desa Laringgi.

Sebelum Bale Tokke hidup berpopulasi di Danau Tempe, masyarakat nelayan di danau itu sangat merasa cukup dengan penghasilan yang diperoleh. Namun karena BaleTokke ini, belum puas memangsa ikan yang tak sejenis dirinya, bahkan lebih sering merusak alat tangkap ikan, seperti jaring, pukat dan jala.

Hal itu dikeluhkan Nasrullah (27 tahun) nelayan, bertempat tinggal di Lajarella Kelurahan Limpomajang, Kamis, 11 Agustus 2022.

Untuk membuktikan, dirinya mengajak melihat langsung di Pasar Sentral Batu-batu, hasil tangkapan ikan tawar dari Danau Tempe, kalah banyak dibandingkan hasil tangkapan ikan dari laut. Pemasaran ikan tawar lebih tinggi prospeknya di Batu-batu  dibanding Ikan laut. 

Untuk memenuhi selera pasar, pedagang ikan cenderung membeli ikan tawar di luar daerah, seperti ikan Kamboja dari Pangkep dan Samarinda. Bahkan, kata Nasrullah, para pedagang ikan di Marioriawa kerap membeli "Bale Cambang" dari Tanah Hulu Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur untuk dijual di Batu-batu Soppeng.

Untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan Marioriawa, salah satu pedagang ikan, Diana, 27 tahun, tinggal di Lajarella, Kepada PALAPA INFO di Batu-batu, Kamis, 11 Agustus 2022 mengatakan, Bupati Soppeng perlu turun tangan memberantas jenis ikan sapu-sapu (Bale Tokke) ini hingga lenyap di Danau Tempe, membuat beberapa jenis ikan lainnya akan hidup bebas berkembangbiak tanpa terganggu ancaman kebuasan "Bale Tokke" ini.

Tidak ada komentar