Breaking News

Anggota Komisi V DPR RI Dr. Aras Buka Sekolah Lapang Cuaca Nelayan BMKG di Parepare




PALAPA INFO, PAREPARE -- Pagi ini, Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., M.M., Anggota DPR RI Fraksi PPP menghadiri pembukaan SLCN (Sekolah Lapang Cuaca Nelayan) BMKG di Balai Ainun Habibie, Kota Parepare. (Sabtu, 20/08/2022).


Hadir juga dalam kegiatan tersebut Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Pratsetyo, M.T., Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan, Kota Parepare, Wildana, S.P., M.M., Kepala Balai BMKG Besar Wilayah IV Makassar, Irwan Slamet, S.T., M.Si., Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Parepare.


Kepala Cabang Dinas Perikanan dan Kelautan Ajatappareng Sulawesi Selatan, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar, Irwansyah Nasution, S.T., M.Si., Kepala UPT BMKG se-Sulawesi Selatan dan Kepala Stasiun Meteorologi Maritim dan Mandatory se-Sulawesi Selatan.


Kepala Stasiun Meteorologi Paotere Makassar, Irwansyah Nasution, selaku Ketua Panitia Pelaksana, menyampaikan terimakasih atas kehadiran Muhammad Aras di Acara Pembukaan SLCN BMKG Kota Parepare.


“Kegiatan ini rutin dilakukan sejak 2017. Sampai saat ini telah dilaksanakan 10 kali kegiatan yang sama di 7 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan," kata Irwansyah. 


"Adapun peserta yang mengikuti kegiatan SLCN kali ini berasal dari 60 nelayan ditambah 10 penyuluh. Saya harapkan semua peserta dapat mengikuti kegiatan hingga selesai dengan baik,” harapnya.


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Parepare, Wildana, mewakili Walikota Parepare, dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang di Kota Cinta Ainun Habibie, Kota Parepare kepada Dr. Aras.


Sebagai tuan rumah, kata Wildana, selain menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran orang nomor satu di Parepare, ia bangga daerahnya ditunjuk menjadi tempat diadakannya kegiatan SLCN yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya nelayan.


Muhammad Aras, Anggota Komisi V DPR RI merupakan mitra BMKG dalam sambutannya menjelaskan bahwa sekolah SLNC ini diharapkan mampu membuang rasa kekhawatiran para nelayan. Dengan secara berkala mendapatkan informasi dari BMKG dan bekal ilmu pengetahuan. 


Dengan pendidikan ini, peserta bisa memprediksi gejala alam di sekitar, khususnya laut," kata Anggota Komisi V DPR RI ini.


Dijelaskan, Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) ini bisa membuka wawasan para nelayan untuk membaca situasi laut. Angka korban akibat cuaca berkurang, nelayan tenang, tentu akan berdampak pada kesejahteraan, karena hasil tangkapan maksimal.


Aras berkesempatan membuka acara dengan mungucapkan Basmalah dan menutup sambutannya dengan sebuah pantun untuk menghibur suasana.


Eko Prasetyo, Kepala Pusat BMKG menyampaikan terimakasih kepada Muhammad Aras selaku Pembina BMKG di senayan yang senantiasa mendukung kegiatan SLCN ini, khususnya di daerah


“Bukan hanya di Parepare, beliau ini (Muhammad Aras) selalu mengawal kegiatan ini hingga di seluruh Indonesia,” tandas  Eko Prasetyo. 


Eko berharap kegiatan ini berlanjut, selain demi kelancaran aktifitas para nelayan, juga dalam rangka menjaga keselamatan. Karena saat ini prakiraan cuaca bisa diprediksi hingga 10 hari ke depan. Adapun jika terdapat kesalahan, maka warga dipersilakan melakukan aduan. (usa)


Sumber : Tenaga Ahli DPR RI, Adang Budaya/Hamka Anas

Tidak ada komentar