Breaking News

TA 2022 Pemprov Sulsel Alokasikan Rp.194,9 M untuk Peningkatan Jalan


Koordinator Bina Marga dan Tata Ruang Kab Soppeng Dinas PUTR Prov. Sulsel, Anwar.


Palapainfo.com, Soppeng -- Dari 159 KM jalan Provinsi yang ada di wilayah Kabupaten Soppeng sebagian di antaranya dalam kondisi rusak parah utamanya ruas Takalala - Pekkae Barru serta Takalala  Cabenge - Salaonro - Sengkang Wajo.

Makanya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan mengalokasikan anggaran di APBD TA 2022 untuk peningkatan jalan sebesar Rp. 194.910.000.000, jelas Koordinator Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Kabupaten Soppeng Anwar, Senin, 17 Januari 2022.

Secara rinci Anwar paparkan anggaran Rp.194,9 milyar untuk peningkatan jalan Provinsi di wilayah Kabupaten Soppeng sepanjang 12,13 KM  termasuk untuk ruas jalan Takalala - Pekkae Barru 2.700 meter  dengan alokasi anggaran Rp. 41,8 milyar lebih.

Selain itu ruas jalan Takalala Cabenge - Salaonro sepanjang 3.100 meter dengan alokasi anggaran Rp. 19,3 milyar lebih, Soppeng Batas Sidrap sepanjang 1.900 meter dengan alokasi anggaran Rp. 14,2 milyar lebih, Watansoppeng - Cabenge 1.300 meter Rp. 8 milyar. 

Pemprov Sulsel juga mengalokasikan untuk pembangunan jalan batas Kabupaten Barru – Lawo Soppeng atau ruas Takkalasi Bainange  - Lawo  sepanjang 3 KM dengan anggaran Rp. 60 milyar serta untuk kelanjutan pembangunan jembatan Pacongkang di poros Lajoa  Citta - Bentenge Bone sebesar Rp.51,15 milyar.

Semua poros jalan yang akan ditingkatkan dengan konstruksi aspal Hotmiks termasuk jembatan Pacongkang sudah dalam proses tender di Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sulsel termasuk PPTK serta panitianya semuanya di Makassar, jelas Anwar .

Tentang pemeliharaan rutin untuk sebagian jalan yang rusak menurut Anwar masih menunggu kucuran dana pemeliharaan TA 2022. 

"Kalau biasanya ada kelangkaan aspal, syukur Alhamdulillah sekarang kami masih ada stock aspal beberapa drum tetapi untuk menggunakannya tentu butuh biaya operasional termasuk upah pekerja harian dan BBM di lapangan," tambahnya. (usa)


Tidak ada komentar