Breaking News

Anggota Komisi V DPR RI Dr. Aras, Resmikan Pembangunan KOTAKU di Macanre




Palapainfo.com, Soppeng -- Anggota Komisi V DPR RI Dr . H. Muh. Aras, S.Pd., M.M., dari Fraksi PPP, meresmikan Pembangunan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), terletak di Lingkungan Toawo Kelurahan Macanre Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng, Minggu, 16 Januari 2022.

Pembangunan tersebut mulai dikerja pada Sabtu, 3 Juli 2021 ditandai dengan Peletakan Batu Pertama oleh legislator pusat tersebut, Dr. Aras menelan dana Rp 1 Milyar.

Koordinator Lembaga Keswadayaan Masyarakat  (LKM) Taro Ada Taro Gau Kelurahan Macanre, Ahmad Al Mubarak, S.Sos., pada persemian itu dalam laporannya mengatakan.

Tahun 2021, LKM Taro Ada Taro Gau Kel. Macanre mendapatkan amanah untuk memanfaatkan dana dari program KOTAKU dalam penanganan kumuh Kel. Macanre sebesar Rp 1 M dengan pengalokasian yakni:

1). Untuk Biaya Oprasional LKM Sebesar Rp 5 Juta.
2. Untuk kegiatan Fisik :

1. KSM Sitampai Sebesar Rp.402.540.000, berupa Pekerjaan Jalan Beton 150 Meter dan Drainase sepanjang 470 Meter serta Ruang terbuka Publik.
2.KSM Sumpang Ale Sebesar Rp. 592.460.000 Berupa Pekerjaan TPS3R 1 Unit serta perlengkapan TPS3R berupa Mesin Pencacah dan mesin pengayak kompos serta Kontainer Sampah, Jalan Rabat Beton 130 Meter dan Drainase 150 Meter serta perlengkapan TPS3R Berupa Mesin Pencacah dan mesin pengayak kompos
Berdasarkan SK Bupati Soppeng Nomor 664 Tahun 2019 Luasan Kumuh Kelurahan Macanre seluas 11,04 Ha dan pada tahun 2020 telah dilakukan update luasan kumuh berdasarkan Permen PUPR Nomor 14 Tahun 2018 Seluas 37,99 Ha dilakukan intervensi melalui program KOTAKU telah berhasil mengurangi luasan Kumuh seluas 10,35 Ha artinya lokasi kumuh Macanre masih tersisa 27,64 Ha.

Menutup laporannya, Koordinator LKM Kel. Macanre ini tak lupa menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PPP yang memperjuangkan kelurahan Macanre sebagai salah satu kelurahan yang menjadi Lokus kegiatan KOTAKU tahun 2021.

Tim Leader (TL OSP9) program Kotaku di Propinsi Sulawesi Selatan, menyampaikan terimakasih kepada semua pelaksana dan penanggungjawab proyek sehingga program tersebut bisa selesai dengan baik dan bisa segera dimanfaatkan. Harapannya agar program ini terus berlanjut hingga Tahun Anggaran 2022-2023 nanti.

"Saya mewakili tim pelaksana proyek mengucapkan terima kasih banyak atas dorongan dan dukungan Bapak Aras sehingga anggaran untuk pengadaan program ini bisa dialokasikan di dua titik yang masuk kriteria di Kelurahan Macanre, Lilirilau, Kabupaten Soppeng." jelas Kalla Manta.

Penyataan ini, diamini Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Soppeng Andi Irfan, Perwakilan Kepala Balai PUPR, Nirmayanti dan Lurah Macanre

Muhammad Aras menyampaikan rasa syukur dan bangga akhirnya Desa Macanre Kecamatan Lilirilau telah mendapatkan Program KOTAKU (Kita Tanpa Kumuh) di dua titik sekaligus dengan anggaran yang cukup besar. 

"Sudah merupakan kewajiban untuk saya mengawal setiap aspirasi dan harapan masyarakat di Dapil. Soppeng, termasuk bagian dari Dapil yang mendapat perhatian khusus dari saya, mengingat ini adalah tanah kelahiran saya, tanah dimana saya memiliki sejarah yang tidak dapat dilupakan."Jelas Aras dalam sambutannya.

"Hadirnya program Kotaku ini adalah dalam rangka bukti nyata bahwa kami wakil rakyat di tingkat pusat benar-benar serius mewujudkan dan merealisasikan aspirasi. Kini, ratusan meter jalan di desa ini dengan sangat layak dapat kita nikmati bersama. Saluran air sepanjang jalan desa ini juga tahap demi tahap telah mulai direvitalisasi."tuturnya

Sebagai penutup, Aras mengajak masyarakat bahwa terciptanya suatu daerah yang bebas dari kategori kumuh bukan hanya tanggung jawab pemerintah, akan tetapi tugas kita semua sebagai masyarakat agar dapat menjaga kebersihan diri dan lingkungan yang nyaman dan sehat.

Dari Kampung Toawo Kelurahan Macanre Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan,. Minggu, 16 Januari 2021. Demikian Tenaga Ahli DPR RI, Adang Budaya, mengabarkan. (alimuddin)


Tidak ada komentar