Breaking News

UNJ Kukuhkan 22 Guru Besar Baru

 


Palapainfo.com, Jakarta -- Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kukuhkan 22 guru besar baru. Pengukuhan tersebut digelar secara hybrid (luring dan daring). Selasa, (15/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut turut dikukuhkan Dekan terpilih Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 2021-2025 Prof. Dr. Fahrurrozi, M.Pd., sebagai guru besar tetap Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar FIP UNJ.

Pada pengukuhannya sebagai guru besar, Prof. Fahrurrozi menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul “Model Penilaian kemampuan membaca Permulaan Siswa kelas Awal Sekolah Dasar”.

Dalam orasi ilmiahnya, Prof. Fahrurrozi  menyatakan “ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan, langkah-langkah yang harus dipahami oleh para guru yang sesuai dan disusun berdasarkan indikator-indikator agar siswa memahami membaca permulaan adalah, pertama, siswa harus memahami kesadaran fonologis dan fonemik; kedua, fonika; ketiga kosa kata; keempat, pemahaman dan; kelima adalah pemaknaan”.

Menurut ketua Perkumpulan Pengelola Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Indonesia (PPPSPGSDI) tersebut bahwa “memahami pola atau strategi kemampuan membaca permulaan bagi siswa sekolah dasar awal ini sangat penting karena untuk membekali kemampuan membaca lanjutan siswa kelas atas”, tutupnya.

Riwayat hidup Prof. Fahrurrozi dibacakan langsung oleh Prof. Dr. Rugaiyah, M.Pd. Sejumlah undangan yang hadir, di antaranya; Rektor Universitas PGRI Palembang, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ketua STKIP PGRI Palembang, Rektor Universitas Pendidikan dan tamu lainnya yang bergabung secara daring. (hermanto maman)


Tidak ada komentar