Breaking News

Herlina, Anak Petani di Cempa Karee'e Sukses Raih Gelar Akademik, Doktor (S3)



Palapainfo.com, Makassar, -- Herlina anak seorang petani dari pasangan H. Muhammad Tahir dengan Hj. Senni. Orang tua ini begitu tangguh, semangat dan sabar mengantarkan anaknya menyelesaikan kuliahnya pada jenjang strata 3.

Diketahui, Herlina meraih gelar Doktor dalam bidang ilmu Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) di Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM).

Sesaat usai ujian promosi doktor, Makassar, Rabu (23/6/2021), Herlina mengakui, kalau keberhasilan ini banyak pihak yang terlibat dan mengambil peran. Bukan hanya dari pihak keluarga, tapi beberapa nama yang menjadi alasan dan selalu ikhlas serta sabar menginspirasi sehingga saya bisa sampai pada tahap ini.

"Mereka adalah Dr. Hj. Mihrani A. Rauf, S.Pt.,MP., Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani. A. Rauf, M.T., dan Alm. Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, S.H. Beliau semua adalah orang-orang yang berjasa dalam hidup saya," akunya.



"Saya hanya bisa berdoa kepada Allah SWT semoga beliau sehat serta bahagia selalu dan terkhusus Almarhum Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, S.H., terimakasih banyak atas segala nasehat-nasehatnya semasa hidup sehingga menjadi bekal saya untuk terus memacu diri, berproses dan menapaki serta menaklukkan jalan yang tak mudah ini," harap Lina, sapaan akrabnya.

"Saya begitu bersyukur, Allah SWT mempertemukan saya dengan orang-orang baik yang peka dan peduli dengan pendidikan. Al-fatihah untuk Almarhum, semoga ini semua menjadi amal ibadah untuk almarhum, diampuni segala dosa, diterangi alam kuburnya serta ditempatkan pada surgaNya. Aamiin," harap Lina sambil mengenang almarhum Prof. Dr. H. A. Mustari Pide, S.H.

Dikatakan, "tidak ada yang tidak mungkin ketika Allah SWT berkehendak, awal mula perjalanan atau kisah saya melanjutkan kuliah setelah tamat SMA di kampung. Saya pada saat itu tamat SMA tahun 2005, saya tidak bisa melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi karena keterbatasan biaya dan kurangnya akses serta pengalaman untuk hijrah ke kota," beber Lina.

Masih kata Lina, kemudian pada saat itu ketemu sama bapak H. A. Rauf Manna (alm). Beliau bertanya, "kenapa tidak ke Makassar mendaftar kuliah?

"Ayah saya tidak mampu menyekolahkan atau menguliahkan saya, Pung," jawab Lina.



Masih penuturan Lina yang baru saja tamat SMA  pada ketika itu. Mendengar jawaban saya, Pung Upe, sapaan khas H. A. Rauf Manan (alm.) atas sepengetahuan kedua irang tua kami, beliau menyuruh saya ke Makassar untuk mendaftar di kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) dan langsung ke rumah anaknya, Prof. Dr. H. Bakhrani A. Rauf, M.T., yang juga Dosen di kampus tersebut.

"Selanjutnya, saya pun didaftarkan pada jurusan Pendidikan Biologi UNM dan tinggal di rumah ibu Dr. Hj. Mihrani A. Rauf, S.Pt., M.P., yang juga adik dari Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani. A. Rauf. M.T.," kenang Lina yang baru saia menyandang gelar Doktor ini.

Lina kembali mengurai kisah hidupnya, "sehingga tahun 2005 masuk dan diterima kuliah S1 dan selesai pada tahun 2009, masuk S2 PKLH PPs UNM tahun 2011 selesai tahun 2013. Tidak sampai disitu, saya kembali melanjutkan lagi kuliah S3 PKLH PPs UNM pada tahun 2015 dan Alhamdulillah tanggal 23 Juni 2021 ujian promosi Doktor dan menyelesaikan pendidikan S3," ucap Dr. Nurlina, S.Pd., M.Pd., ini.

Masih kata Alumni S3 UNM ini, tidak ada yang sulit jika kita selalu berusaha dan berdoa. Ikhlas berbuat baik kepada siapapun, kelak kita pun akan dipertemukan dengan orang-orang baik pula. Kita hanya punya tugas untuk menjalani dengan sepenuh hati yang telah ditetapkan oleh Sang Ilahi dan lihatlah keajaiban dan kekuasaan Allah SWT setelah itu. (ibnu sultan)

Tidak ada komentar