Breaking News

Anggota Komisi V DPR RI Dr. Aras Buka Raker APDESI Sulsel




Palapainfo.com, Makassar -- Anggota Komisi V DPR RI Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., MM., membuka secara resmi Rapat Kerja (Raker) dan Rapat Koordinasi (Rakor) Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sulawesi Selatan 2021.

Acara Pembukaan Raker APDESI Sulsel yang bertemakan, "Pemulihan Ekonomi dan Ketahanan Desa Menuju Desa Mandiri di Era Pandemi" Ini, berlangsung di Aerotel Smile Makassar Jl. Muchtar Lutfi No.38, Maloku, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90111, Minggu, 4 April 2021.

Di hadapan sejumlah utusan APDESI
kabupaten / kota se-Sulsel, Anggota Fraksi PPP DPR RI ini menyampaikan, sebagai 
Anggota DPR RI yang diamanatkan fraksinya, Fraksi PPP untuk duduk di Komisi V di Legislatif Pusat, salah satu mitra kerjanya, yakni,  Kementrian Desa. 

Pihaknya dapat menyampaikan aspirasi para kepala desa di Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonsia. 

Dijelaskan, jika kementerian ini adalah  kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi.

Ketua DPW PPP Sulsel ini membeberkan, kalau Tahun Anggaran 2021 ini DPR RI telah menyetujui Angggaran Rp 70 Triliun diperuntukkan bagi pembangunan desa melalui APBN 2021.

Alumni S3 Universitas Negeri Makassar (UNM) 2019 ini mengatakan, dengan dana aspirasi miliknya selaku legislator pusat telah dikucurkan ke beberapa desa di sejumlah kabupaten/kota khususnya di Daerah Pemilihannya Sulael 2 (Maros, Pangkep, Barru, Parepare, Soppeng, Wajo, Bone, Sinjai dan Bulukumba pada tahun anggaran 2020 dan untuk tahun ini 2021 masih sedang berjalan. 

Di antara program tersebut, beber Dr. Aras, yakni, PISEW, Bedah Rumah, dan P3AI. 

Dikatakan, anggran Program Padat Karya mengalami peningkatan dari tahun 2020 ke 2021.

Disampaikan juga, akibat Pandemi Covid 19 masih stagnan. Maka BLT harus turun ke Masyarakat. Pemerintah harus hadir di tengah masyarakat dalam memberikan solusi permasalahan masyarakat yang tengah dihadapi. 

Legislator Pusat Dr. Aras yang juga Ketua Umum Pengda PTMSI Sulsel ini menyatakan, terkait kebijakan pusat, dirinya siap mengawal kepentingan desa. 

Ketua Ikatan Alumni UVRI Makassar ini juga berharap, kalau Bandara Arung Palakka Bone agar bisa difungsikan tahun depan. Pesawat ATR sudah bisa mendarat, katanya. 

Dana aspirasi dari dirinya selaku Legislator Pusat, menggelontorkan Anggaran 3 Milyar untuk  perbaikan Terminal bandara tersebut. 

Mengenai Bandara Bone. Dr. Aras menyinggung, jika penyelesaian pekerjaan itu, telah berbagi tugas dengan bupati dan gubernur.

Bupati Bone soal pembebasan lahan untuk perpanjangan Runway,  Gubernur Sulsel soal  akses masuk bandara dan dirinya (Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., MM., Red.) soal perbaikan Terminal Bandara. 

Usai menyampaikan sambutan, Dengan mengucapkan Basmalah, Anggota Komisi V DPR RI ini, membuka secara resmi Raker dan Rakor APDESI Sulsel 2021.

"Semoga acara ini berjalan sukses dan menghasilkan keputusan untuk dilaksanakan dalam mensejahterakan masyarakat di desa," harapnya.

Hadir di acara itu, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Dr Andi Mappatoba, DTAS, MBA, HPN, Kepala Ombusman RI Sulsel, Subhan Djar, ST, MH., Kordinator Kortala dan Sekretariat Ditjen PDP Kemendes, Sofyan Johan, M, Koordinator Pengembangan Profesi dan sertifikasi Kelembagaan dan Jabatan Fungsional BPSDM Kemendes, Fery Syahkinan, S.Sos., Ketua APDESI Sulsel, Sri Rahayu Usmi, S.Pd., hadir juga Yenaga Ahli Anggota (TAA) DPR RI Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., MM., Fraksi PPP, Hamka Anas serta sejumlah tamu undangan lainnya. (alimuddin) 

Tidak ada komentar