Breaking News

Market Day di SDN 7 Salotungo, Kenalkan Kegiatan Ekonomi dan Kewirausahaan di Usia Dini




Palapainfo com, Soppeng -- SDN 7 Salotungo menggelar acara Market Day yang dipelopori oleh Guru Kelas IV A, Rahmil Humaerah, S. Pd M. Pd, dan IV B, Eria Yuliana, S. Pd. Kamis (6/6/2024). 


Kegiatan ini melibatkan siswa kelas 1, 2, 4, dan 5, dan mendapatkan sambutan positif dari Pengawas Gugus 1, Sudirman, S. Sos, S. Pd, yang mengapresiasi langkah inovatif sekolah dalam mengembangkan keterampilan kewirausahaan pada siswa.


Dalam sambutannya, Kepala Sekolah Abdul Asis, S. Pd I, menyampaikan bahwa keberhasilan acara ini tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama orang tua siswa yang turut berpartisipasi aktif. 


"Setelah melakukan pembelajaran berbasis teori di dalam kelas, peserta didik juga kemudian mempraktekkan ilmu tersebut dalam aksi nyata yang dikemas dalam kegiatan Market Day. 


"Kegiatan ini merupakan salah satu langkah untuk mengenalkan kegiatan ekonomi dan mengembangkan minat serta bakat di bidang kewirausahaan, khususnya di lingkungan sekolah," ujar Abdul Asis.



"Market Day ini menggunakan model pembelajaran Proyek Based Learning (PBL) yang memungkinkan siswa untuk merekonstruksi pengetahuan dan keterampilan mereka menjadi produk nyata yang kemudian dipasarkan, terangnya. 


Adapun langkah-langkah pelaksanaan proyek sekaligus isi laporan kegiatan Market Day mencakup:

1.Mencari Informasi tentang Barang yang Akan Dijual : Siswa melakukan penelitian kecil untuk menentukan barang yang menarik dan bermanfaat untuk dijual.

   

2. Merencanakan dan Menghitung Jumlah Barang yang Akan Dijual serta Perkiraan Harga Jual : Siswa belajar merencanakan stok barang dan menentukan harga jual yang kompetitif.

   

3. Membuat Rancangan Denah Tempat Berjualan, Rancangan Penyajian, dan Daftar Harga Barang : Setiap kelompok merancang tata letak stan mereka serta menyusun daftar harga yang menarik.

   

4. Hari Berjualan (Kegiatan Market Day) : Siswa menjalankan kegiatan jual beli di stan yang telah disiapkan, berinteraksi langsung dengan pembeli, dan mempraktikkan keterampilan komunikasi serta negosiasi.

   

5. Refleksi Kegiatan Proyek : Setelah kegiatan selesai, siswa melakukan refleksi dan menyusun laporan pelaksanaan proyek untuk dipresentasikan.


Di akhir kegiatan, tiap kelompok mempresentasikan laporan pelaksanaan proyek mereka, menyoroti pengalaman dan pembelajaran yang diperoleh selama Market Day. 


Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman praktis kepada siswa, tetapi juga mendorong mereka untuk mengembangkan kreativitas, keterampilan berbisnis, dan kerja sama tim.


Dengan adanya Market Day ini, SDN 7 Salotungo berharap dapat terus mendorong inovasi dalam metode pembelajaran dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan serta bermanfaat bagi siswa. (red)


Tidak ada komentar