Breaking News

Legislator Pusat, Dr. Aras, Sosialisasikan Empat Pilar MPR di Soppeng




PALAPA INFO, SOPPENG -- Anggota MPR/DPR RI Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., M.M., menggelar Sosialisasi 4 Pilar MPR, yakni; Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.


Sosialisasi ini dilakukan di  Triple 8 The Riverside Resort, Jalan Lompo No. 888 Watansoppeng Kelurahan Lemba Kecamatan Lalabata, Soppeng Soppeng Regency, Selasa, 23 Mei 2023.


Dalam paparannya, Ketua DPP PPP, Dr. Aras yang juga Anggota DPR RI / Komisi V Fraksi PPP ini, menyampaikan, kalau nilai-nilai luhur bangsa sebelum Indonesia merdeka, Pancasila sudah diterapkan bangsa Indonesia. 


Bangsa ini merasakan pahit getirnya dan kejamnya penjajah yang secara bersama-sama bangkit melawan untuk merdeka. 


Mereka memiliki rasa seperjuangan dan sepenanggungan dalam mengusir penjajah. Bangsa ini bahu-membahu tanpa membedakan suku, agama dan warna kulit.


Sosialisasi ini dipandu Tenaga Ahli DPR RI, Hamka Anas.


Selanjutnya Nara sumber Masykur Thahir dengan gaya dan intonasi Bahasa Bugisnya menguraikan satu persatu butir-butir. Pancasila. Mulai dari sila pertama hingga sila kelima.


Dijelaskan, jika Pancasila sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD NRI 1945 merupakan landasan Idiil Bangsa dan UUD NRI 1945 merupakan landasan konstitusional berbangsa dan bernegara.


Apa yang dilakukan di tingkat desa merupakan penjabaran dari aturan main yang telah ditetapkan dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten. Inilah aturan main kita dalam berbangsa dan bernegara.


Untuk mengisi kelembagaan  pemerintahan, diperlukan aturan main. Misalnya, untuk mengisi keanggotaan MPR, DPR, DPD, Presiden dan seterusnya, perlu dilakukan Pemilu agar terwujud kedaulatan rakyat.


Salah satu warga Labae yang ikut kontestasi Pemilu dalam mengisi keanggotaan DPR RI pada Pemilu 2019 lalu, adalah Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., M.M., kini ia duduk sebagai Anggota Komisi V dari Fraksi PPP.


Selain berdo'a, kepada Allah SWT, kata Masykur, dibutuhkan juga kerja keras dan kerja cerdas. "Resopa temmangingngi naletei Pammase Dewatae."


Dengan kedudukannya tersebut, narasumber ini membeberkan kalau rakyat, khususnya di dapilnya, Sulsel 2, meliputi Kabupaten/kota,  Maros, Pangkep, Barru, Parepare, Bone, Soppeng, Wajo, Sinjai dan Bulukumba, hasil Pemilu 2019, telah merasakan kucuran dana aspirasinya melalui berbagai program pembangunan yang langsung menyentuh masyarakat. 


Di antaranya, Program P3TGAI (saluran tersier), BSPS (Bedah Rumah), Program Infrastruktur Sarana Ekonomi Wilayah (Pisew), MCK, PIP (Beasiswa), Program Kota Tampa Kumuh (KOTAKU), Jalan dan Jembatan dan lain-lain. 


Sebelum sosialisasi ditutup, narasumber Masykur Thahir menjawab pertanyaan satu persatu dari peserta sosialisasi. 


Dalam sosialisasi itu, hadir Anggota DPRD Kabupaten Soppeng dari PPP Mirsalin, sejumlah tokoh masyarakat Kabupaten Soppeng dan beberapankonstituen Dr. Aras sebagai warga PPP Kabupaten Soppeng.


Akhirnya sosialisasi pun ditutup dengan ucapan Hamdalah oleh Anggota MPR RI Dr. H. Muh. Aras, S.Pd., M.M. (Kharisma Nur)



Tidak ada komentar