Breaking News

IKA SMPN 1 Pangsid Angk 85 Halal Bihalal



PALAPA INFO, SIDRAP --  Ikatan Keluarga Alumni SMP Negeri 1 Pangkajene Sidenreng menggelar Silaturrahmi dalam Bingkai Halal Bihalal dalam suatu acara pada Selasa (25/04), di Aula sekolah tersebut.


Diakui Masykur Thahir, salah satu alumni sekolah itu, kalau selama ini baru bisa berkumpul bersama setelah 38 tahun.



Ini karena perkembangan ilmu komunikasi dan informasi melalui media sosial group WhatsApp. 


Ketua panitia acara itu, Saidiman mengatakan, Puluhan Alumni kumpul menjadi satu dalam suasana Jalal Bihalal  dengan mengusung tema Bangun Kebersamaan dan Perkuat Silaturrahmi.


Drs. Muslimin, M.Si., selaku Kepala Sekolah, menyampaikan, bahwa siswa SMPN 1 Pangsid kurang lebih 800 orang dan menjalankan pendidikan religius, disamping siswa belajar, tetap mengedepankan pendidikan agama di mana siswa wajib menghapal beberapa jus dan setiap shalat berjamaah selalu diisi dengan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) serta siwa yang yang menunjuk siapa siswa pembawa kultum berikutnya.



Jadi siswalah yang mengisi Kultum. Sehingga semua siswa merasa berkewajiban untuk siap menjadi Pembawa Kultum. 


Dikatakan, dengan dengan Halal Bihalal ini dapat meneguhkan persaudaraan lewat silaturahim, juga membangun persahabatan. 


Lebih lanjut Muslimin menegaskan, momentum silaturahim kali ini menjadi titik tolak bersama dan penyatukan visi dan misi sekolah untuk memberikan pelayanan yang sangat prima di satuan pendidikan yang kita kelola bersama.



Masih kata Muslimin, Silaturahim ini menjadi ikrar kita bersama bahwa kita akan sama-sama membangun masa depan bangsa lewat kerja nyata yang mengedepankan kualitas dalam etos keja. 


Guru menjadi garda terdepan dalam mencetak estafet kepemimpinan bangsa di masa depan, maka guru harus betul-betul memainkan peran maksimal di dalam proses pembelajaran. 


Sebab proses yang baik dan terkonsep tidak akan mengingkari hasil, tegasnya mengakhiri sambutanya. 




Tampak hadir di acara itu,  beberapa guru, di antaranya,  H. Ruttung, Saleh, Suriadi . 


Selain itu hadir juga perwakilan Alumni SMPN 1 Pangsid Angkatan 85 Andi Faisal Ranggong, dalam sambutannya  mengatakan, bahwa silaturahim itu wujud pengaktualisasian pembelajaran Agama secara nyata, sebab manusia berhubungan dengan manusia pasti tidak selamanya indah, terkadang ada gesekan yang tidak mungkin di hindarkan. 


“Kebanyakan sifat manusia itu cenderung egois dan tidak mau meminta maaf atau memberi maaf, tetapi lebaran merubah segalanya. Manusia berbuat salah dan meminta maaf tanpa di paksa dan terpaksa, alangkah indahnya jika satu tahun lebaran selamanya, sehingga tidak ada pertikaian, permusuhan, kedengkian dan hal-hal yang negatif di antara kita,” kata A.Faisal Ranggong.


Sementara itu Ustaz Andi Jamal  Patombongi mengatakan, halal bihalal harus menjadi lembaran baru dalam hidup sehingga lewat lembaran baru itu marilah kita sama-sama goreskan tinta indah dalam lembaran kita masing-masing. 




“Kalau bisa goresan itu menjadi gambar yang terindah untuk kehidupan kita sehingga bermuara pada kesadaran akan tugas dan fungsi kita sebagai pendidik yang amanah. Implikasi pendidik yang amanah adalah pendidik yang memberikan layanan maksimal dalam mendidik siswa-siswi kita,” jelas A. Jamal Patombongi


Dikatakan, silaturahim itu terbangun dari istilah silah dan rahim, di mana silah itu menyambung sementara rohim itu keluarga, maka silaturahim menjadi wahana untuk menyatukan kembali keluarga-keluarga yang sudah mulai terbengkalai, semoga kita menjadi orang yang bersatu lagi dalam bingkai silaturahim. 


Semoga silaturahim ini menjadi ladang amal kita bersama untuk tetap menjaga marwah persatuhan dan kesatuhan di lingkungan SMP Negeri 1 Pangkajene Sidenreng serta menumbuhkan kerja keras dan kerja cerdas untuk mencetak generasi ysng beriman dan bertakwa namun tetap memiliki potensi besar untuk merebut pangsa pasar global yang tidak melupakan kearifan lokal. 


Acara dilanjutkan pemilihan ketua IKA Angkatan 85 secara Aklamasi, disepakati A. Faisal Ranggong dan menunjuk Masykur Thahir sebagai Ketua Panitia Pelaksana untuk mengawali agenda awal Reuni Akbar.


Sebelum acara ditutup semua alumni larut dalam doa, dipandu Syamsu Alam Kadir untuk kesembuhan teman-teman yang lagi dirawat di rumah sakit. (usa)



Tidak ada komentar