Breaking News

Kapolres Soppeng Bertausiyah di Masjid Aspol dalam Safari Subuh Perdananya




PALAPA INFO, SOPPENG -- Sebelum Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., melauching Jum'at Curhat untuk menjemput permasalahan lebih dalam agar diperoleh problem solving sehingga keamanan, ketertiban masyarakat semakin tercipta. Sosok AKBP Dr. (C) H. Muhammad Yusuf Usman, S.H., S.I.K., M.T., telah melaksanakan kegiatan yang sifatnya sama, Safari Subuh.


Safari Subuh, sudah dilajankan AKBP Dr. (C) H. Muhammad Yusuf Usman S.H., S.I.K., M.T., ketika dirinya selaku Kapolres Palopo. Kini sosok Perwira Menengah ini adalah Kapolres Soppeng. 


Program kegiatan Safari Subuh terus berlanjut, meskipun di wilayah polres berbeda, tanpa mengabaikan instruksi Kapolri dengan program kegiatan Jum'at Curhatnya. Keduanya berjalan beriringan.


Bedanya, Safari Subuh, lebih masuk ke tengah-tengah masyarakat muslim yang memang mayoritas di daerah tempat dirinya bertugas. Juga tetap memberi ruang dalam programnya pada sasaran komunitas lainnya.


Sementara Jum'at Curhat lebih pluralis kepada masyarakat Indonesia yang terbilang majemuk.


Informasi ini penulis peroleh dari berbagai sumber.


Pada Safari perdananya selaku Kapolres Soppeng di Masjid Taqwa Aspol Polres Soppeng Jl. Samudra Kel. Botto Kec. Lalabata Kab. Soppeng, Selasa 24 Januari 2023.


Tak tangung-tanggung, dengan performance low profile, terlihat dirinya sendiri yang memberikan tausiyah ala ustaz jebolan pesantren. Tak sedikit ayat-ayat Al Qur'an dan hadist terlontar dari dirinya untuk memperkuat  argumentasinya dalam mensosialisasikan program-program Polri untuk mewujudkan Kamtibmas dalam wilayah hukum Polres Soppeng.


Pada tausiyahnya, Kapolres Soppeng ini juga tak lupa menyampaikan ucapan rasa syukur. "Alhamdulillah atas segala Nikmat, hari ini kita menjadi orang - orang terpilih bisa memakmurkan masjid- Nya karena ternyata tidak semua saudara kita diberikan Nikmat, Jadi Nikmat adalah Rezeki itu, salah satu Nikmat adalah bisa melangkahkan kaki ke Masjid, bukan beli motor, beli mobil karena itu merupakan Rezeki yang lain tetapi hakikatnya akhirnya yaitu apa yang kita lakukan saat ini, dan ini harus kita syukuri jamaah karena mempunyai kesempatan untuk datang ke tempat ini," ucapnya.


Selain Safari Subuh, sosok Kapolres yang dijuluki Kapolres Religius ini, dirinya juga telah memiliki gagasan segar, dengan program kegiatan "Ngeteh dan Ngopi (Ngobrol Perkara Iman) bersama Bapak Polisi membahas masalah Iman, duniawi maupun Harkamtibmas.


Dijelaskan juga, kalau Safari Subuh yang kini di galakkkaan, bertujuan  untuk memakmurkan masjid, menjadikan wadah untuk bertemu dengan warga sekaligus memperkenalkan diri selaku Kapolres Soppeng, karena pelayanan seperti ini bukan konsep pencitraan namun ini adalah konsep untuk mendekatkan sekaligus bersinergi bersama Ulama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda memberikan masukan dan pihaknya memberikan ruang.


Disampaikan, Program Polisi Santri, bertujuan membantu dalam kegiatan - kegiatan masyarakat yang bernilai positif, juga tak luput dari sekian programnya yang memang lebih menyentuh masyarakat.


Tak hanya itu, Alumni Akpol 2004 ini juga akan melaksanakan ngobrol santai bersama para jamaah masjid terkait permasalahan Kamtibmas sekaligus menyerahkan tali asih berupa Al - Qur'an secara simbolis, diterima Kasiwas Polres Soppeng AKP Sainuddin, S.Sos., selaku Penanggung Jawab Masjid At- Taqwa Aspol Polres Soppeng.


Turut hadir mendampingi, Kapolres, AKBP Dr. (C) Muhammad Yusuf Usman, Wakapolres Soppeng Kompol H. Muhiddin Yunus, S.H., M.H, Kabag Ops Kompol S. Syamsuddin, S.Ag., M.H, Kabag Ren AKP Syamsul Syafar, S.Sos., PJU setingkat Kasat, para Kasie, KBO, perwira serta personil Polres Soppeng dan pengurus Bhayangkari.


Hadir juga di safari itu para warga sekitar masjid selaku jamaah lainnya . (kharisma nur/husnul khatimah)



Tidak ada komentar