Breaking News

Bupati Soppeng Resmikan Pembangunan PAMSIMAS di Congko




Palapainfo. com, Soppeng -- Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, S.E., meresmikan Pembangunan Program
Penyediaan dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III Desa Congko Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng Tahun 2021.

Peresmian pembangunan menelan APBN Rp 367.111.000,- tersebut, ditandai dengan dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Soppeng. 

Usai peresmian yang berlangsung di Aula Kantor Desa Congko, Senin, 12 Juli 2021 tersebut, dilakukan penyerahan Pembangunan PAMSIMAS dari Ketua Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Puncak Baramming, Kastahar kepada Bupati Soppeng, selanjutnya Bupati menyerahkan kepada Pengurus Kelompok Pengelola Sarana Prasarana Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS).

Ketua KKM Puncak Baramming, Kastahar, dalam laporannya, program  PAMSIMAS III Desa Congko Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng Tahun 2021.

Anggaran sebesar tersebut bersumber dari dana APBN, APBDdes, dana Non Sharing APBdes, dana incash masyarakat, dana inkind gotong royong masyarakat. 

Dilaporkan juga kalau kegiatan fisik yang terealisasi, yakni; penangkapan mata air 1 unit, rumah pompa 1 unit, 
filter (penyaring air) 2 unit, pengadaan pompa 1 paket, pemasangan PLN 1 paket, reservior 1 unit, kran umum 1 unit, sarana cuci tangan 1 unit, pengadaan dan pemasangan pipa kurang lebih 2 KM.

Ketua KKM Puncak Baramming ini melaporkan pula, jika hingga kini, 10 jumlah yang telah dipasangi Sambungan Rumah (SR)  yang merupakan sumbangan dari Kepala Desa Congko.

Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, S.E., dalam sambutannya menjelaskan, PAMSIMAS merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan akses penduduk  pedesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Program PAMSIMAS III ini dilakukan, lanjut Bupati, untuk mendukung dua agenda nasional untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan.

Dikatakan, program PAMSIMAS melibatkan seluruh pemangku kepentingan dari semua unsur dan  pihak pemerintah termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pemerintah desa serta masyarakat dan non- pemerintahan termasuk pihak swasta, BUMN dan BUMD.

Lanjut Bupati mengharapkan, setelah terbangunnya sarana dan prasarana air bersih dan sarana sanitasi melalui program PAMSIMAS,dipelihara dan dikelola baik, agar tetap berfungsi dengan baik dan menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah desa, masyarakat juga Kelompok Pengelola Sarana Prasarana Air Minum Sanitasi (KP-SPAMS) sehingga tetap berfungsi dengan baik. 

Acara turut di hadiri Ketua DPRD Soppeng, Kadis PUPR Kabupaten Soppeng, Koordinator PAMSIMAS III Sulsel H. Hadlan, S.T., Camat Marioriwawo, para unsur Forkopimcam, Kades Congko serta para undangan lainnya. (diskominfo/usa) 


Tidak ada komentar