Breaking News

Ukur Keberhasilan Program Pemberian Obat Cacing, Kemenkes Apresiasi Keberadaan Labkesda Soppeng



Palapainfo.com, Soppeng -- Kementerian Kesehatan bersama Dinkes Propinsi Sulsel, BBLK Makassar, Litbangkes, Dinkes Soppeng dan Labkesda Soppeng menggelar kegiatan survey penilaian prevalensi cacingan pasca Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) kecacingan di Labkesda Kabupaten Soppeng .

Menurut dr.Lusy Luviana dari Subdit Filariasis dan Kecacingan Dirjen P2PTVZ Kemenkes RI, Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) kecacingan secara massal kepada anak telah dilakukan.

"Obat cacing tersebut di berikan pada anak sekali setahun selama 6 tahun berturut- turut, maka saat ini Kemenkes kembali mengukur keberhasilan program ini."

"Kami sangat bersyukur , sarana yang ada di Labkesda untuk Covid dimanfaatkan juga untuk pemeriksaan lab yang lain," ujarnya

Staff Bidang P2 Dinkes Prop.Sulsel, SKM, M.Kes., pada kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan ini adalah evaluasi hasil pemberian obat cacing, yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 di Kabupaten Soppeng.

"Hasil evaluasi ini kita harapkan di bawah 10 % prevelansi cacingan, jika ini berhasil artinya Soppeng sudah bisa menurunkan prevelansi cacingan."

"Untuk pengobatanya yaitu anak yang berumur 1 tahun sampai anak SD, atau yang rata- rata 12 tahun. Secara keseluruhan, obatnya langsung dari kementerian kesehatan yang kita drop ke setiap kabupaten, dengan adanya Labkesda ini sangat memudahkan kita melakukan survey "ujarnya.

Sementara, Staff Labkesda Soppeng, Fatmawati, mengatakan, survey ini dilaksanakan dari tanggal 7 s.d 11 Juni 2021. (**)

Tidak ada komentar