Breaking News

Bupati A. Kaswadi Serahkan 10 Piagam Penghargaan kepada 10 Koperasi Berprestasi di Soppeng




PALAPA INFO, SOPPENG -- Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, S.E., bertindak selaku Pembina Upacara pada Peringatan Hari Koperasi Indonesia ke-75 Tahun 2022. Sementara bertindak selaku Pemimpin Upacara, Pengawas Koperasi Primkoppol Polres Soppeng, Iptu Nortajaya, S.H.

Hari Koperasi Indonesia ke-75 Tahun 2022, mengusung tema, "Transformasi Digital Sebagai Gerakan Milenial Menuju Kemandirian Koperasi" diperingati dengan upacara ini diselenggarakan Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) Kabupaten Soppeng berlangsung di Halaman Kantor Bupati Soppeng,Jl. Salotungo Watansoppeng,  Senin, 8 Agustus 2022.

Diketahui, Peringatan Hari Koperasi Indonesia jatuh pada tanggal 12 Juli.  

Mengawali acara, Bupati A. Kaswadi menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Koperasi berprestasi dalam rangka Peringatan Hari Koperasi ke-75 Tingkat Kabupaten Soppeng.
 
Koperasi yang menerima penghargaan, Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KP-RI Medika), KP-RI Kopendas, KP-RI Malitutue, Koperasi Unit Desa (KUD) Siporio, KUD Lakorokoci, KUD Ompo, Primer Koperasi Kepolisian (Primkoppol), Koperasi Karyawan (Kopkar) Melati dan Kopkar Dian Artha Nadi.

Plt. Kadis PPK UKM Kabupaten Soppeng, Andi Agusalim, S. STP. M.Si., menyerahkan Piagam Penghargaan dari Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Dr. (HC) HM. Nurdin Halid kepada Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, S.E. sebagai tokoh penggerak Koperasi Madya dalam acara puncak Hari Koperasi ke-75, yang diselenggarakan di Kabupaten Kendal – Jawa Tengah pada Sabtu, 23 Juli 2022.

Pidato seragam Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki dibacakan Bupati Soppeng. Berikut sambutan lengkapnya.

"Kementerian Koperasi dan UKM mendukung penuh agenda penguatan ekonomi, khususnya oleh koperasi dan UKM. Koperasi sebagai agregator dan akselerator  UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) anggota, terus dimodernisasi, yang diakselerasi melalui Program Akselerator Koperasi Modern untuk memilih 150 koperasi di berbagai sektor dengan dukungan berupa fasilitasi tenaga pendamping, akses pembiayaan dari LPDB-KUMKM
(Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dan Bank Himbara, kemitraan, offtaker/supplier, serta teknologi dan inovasi yang relevan.

Fokus pemberdayaan koperasi saat ini menyasar sektor riil, sebagai sektor yang memiliki koefisien tumbuh tinggi dan potensi nilai tambah yang besar. Sejalan dengan program yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024, saat ini dikembangkan korporatisasi petani dan nelayan (pangan) berbasis koperasi. Pengembangan koperasi pangan juga guna mendukung kemandirian pangan nasional berbasis keunggulan komoditas lokal.

Beberapa pilot projects yang sedang dijalankan sebagai manifestasi program pengembangan koperasi pangan modern, yaitu:

a. Pengembangan budidaya dan hilirisasi kacang koro, sebagai substitusi kacang kedelai yang sebagian besar masih diimpor;

b. Hilirisasi sawit rakyat berbasis koperasi untuk melakukan pengolahan minyak makan merah sebagai altematif minyak goreng;

c. Pendampingan bagi koperasi perikanan untuk memperbaiki tata kelola manajemen usaha dan peningkatan kapasitas produksi, perluasan akses pasar dan peningkatan nilai tambah produk olahan perikanan;

d. Pendampingan bagi koperasi pengelola Rumah Produksi Bersama (RPB) pada beberapa komoditas seperti minyak nilam, jahe, kayu/rotan, kelapa, dan daging sapi. Melalui RPB diharapkan terjadi standarisasi produk, sehingga UMKM yang tergabung memiliki produk dengan kualitas sanna dan terbaik.

Tema “Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan” merupakan pengejawantahan dari upaya koperasi bertransformasi dari citra model lama dan konvensional menjadi model baru dan profesional. Perjalanan pembangunan koperasi diupayakan secara berkesinambungan agar koperasi dapat tumbuh sejajar dengan badan usaha lain, memiliki sensitifitas tinggi dalam pengembangan usaha, dan diminati oleh generasi muda.

Pemerintah menggelorakan gerakan “Ayo Berkoperasi” yang terhubung dengan Program Gerakan Revolusi Mental, yang bertujuan untuk meningkatkan literasi perkoperasian dan generasi muda tertarik untuk berkoperasi. Sebagai agen pembangunan, generasi muda kita harus dibekali dengan pengalaman berusaha serta pembangunan karakter yang berbasis nilai gotong royong dan usaha bersama yang keseluruhannya akan diperoleh melalui koperasi.

Pemerintah telah melakukan pembaharuan regulasi perkoperasian melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang diturunkan ke dalam Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM. Kemudian melalui Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor
8 Tahun 2021 tentang Koperasi dengan Modet Multi Pihak yang membuka peluang bagi masyarakat untuk membentuk koperasi melalui elaborasi berbagai pihak dalam wadah koperasi dari berbagai kelompok anggota sesuai dengan peran dan lingkup bisnisnya.

Sebagai penutup, semoga upaya pembinaan, pengembangan dan penguatan koperasi ini berjalan dengan baik agar dapat memberikan kontribusi bagi kesejahteraan anggota koperasi dan masyarakat luas."

Demikian sambutan Menteri Koperasi dan UKM RI dibacakan Bupati H. A. Kaswadi Razak, S.E. 

Turut hadir, Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPRD Kab. Soppeng, para anggota Forkopimda Kab. Soppeng, Sekretaris Daerah Kab. Soppeng, para Kepala SKPD lingkup Pemkab Soppeng, para Pembina Koperasi Kabupaten Soppeng, Dekopinda Kabupaten Soppeng, Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) Kabupaten Soppeng, Pengurus, Pengawas, Manajer, Pimpinan Koperasi Cabang dan Anggota Koperasi se-Kab. Soppeng. (diskominfo/usa)


Tidak ada komentar